Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa: Studi Pembelajaran Menggunakan Bahan Ajar IPA Inkuiri Terintegarasi Kearifan Lokal
DOI:
10.29303/jcar.v6i1.7404Published:
2024-02-29Issue:
Vol. 6 No. 1 (2024): FebruariKeywords:
Bahan ajar IPA, Kearifan lokal, Inkuiri, Keterampilan Proses SainsArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Berdasarkan studi lapangan yang dilakukan di sekolah, salah satu permasalahannya adalah ketersediaan bahan ajar yang belum memfasilitasi dan melatih siswa untuk belajar mandiri. Selanjutnya, berdasarkan observasi di sekolah, guru masih menggunakan Buku Siswa Elektronik (BSE), buku pelajaran, buku referensi, LKS, dan modul, yang juga memiliki keterbatasan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap buku BSE ditemukan beberapa kekurangan yaitu: penggunaan bahasa dalam BSE terlalu rumit, kompleks, isi kurang, gambar kurang komunikatif, tingkat pertanyaan relatif rendah. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan untuk memahami konsep tersebut. Lebih lanjut, sebagai sumber belajar IPA, buku tersebut tidak mengintegrasikan komponen lingkungan (kearifan lokal) ke dalam muatan materi. Akibat lainnya adalah guru tidak dapat memahami proses pembelajaran yang mengandung kearifan lokal sehingga tidak dapat mengintegrasikan pembelajaran IPA dengan budaya atau lingkungan daerah sekitarnya. Oleh karena itu, bahan ajar seperti buku teks siswa harus dibuat sevariatif mungkin yang memuat langkah-langkah dari model pembelajaran dan mengintegrasikan konsep kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPA inkuiri terintegarasi kearifan lokal yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan prosedur model pengembangan 4D. Produk yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi yang divalidasi oleh tiga validator ahli. Produk bahan ajar IPA berbasis inkuiri terintegrasi kearifan lokal yang dikembangkan memiliki kriteria valid. Hasil uji praktisi lapangan memiliki kriteria praktis. Hasil uji efektivitas kelas eksperimen memiliki hasil peningkatan dengan kriteria sedang. Produk bahan ajar IPA berbasis inkuiri terintegrasi kearifan lokal yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik
References
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27-40.
Amnie, E., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7).
Andrini, V.S. 2016. The effectiveness of inquiry learning method to enhance students’ learning outcome: A theoritical and empirical review. Journal of Education and Practice, 7(3):38-42.
Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8.
Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2).
Duran, M., & Dökme, I. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on student's critical-thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 12(12).
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252.
Gunawan, G., Jufri, A. W., Nisrina, N., Al-Idrus, A., Ramdani, A., & Harjono, A. (2021). Guided inquiry blended learning tools (GI-BL) for school magnetic matter in junior high school to improve students’ science process skills. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1), 012034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1747/1/012034
Gürses, A., Çetinkaya, S., Doğar, Ç., & Şahin, E. (2015). Determination of levels of use of basic process skills of high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 644–650. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.0 4.243
Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 85-93.
Hardianti, T., Pohan, L. A., & Maulina, J. (2020). Bahan ajar berbasis saintifik: Pengaruhnya pada kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa SMP An-Nizam. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(1), 81- 92
Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.
Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 219-227.
Lawi, S., & Putra, S. H. J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(2).
Legendari, M. A., & Raharjo, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas VIII Di Smp N 1 Ciledug. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1), 70-79.
Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. (Second edition). California: Corwin, A Sage Company.
Lott, K. H. (2011). FIRE UP the Inquiry. Lose the routine, tweak your “cookbook lab,” and reach a level of open inquiry with these strategies used during a unit on heat. Science and Children, 48(7), 29–33.
Muamar, M. R., & Rahmi, R. (2017). Analisis keterampilan proses sains dan keterampilan kognitif siswa melalui metode praktikum biologi pada sub materi schizophyta dan thallophyta. Jurnal Pendidikan Almuslim, 5(1).
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97- 102.
Mustafa, D. A. I. (2016, August). Pengembangan bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatan proses bagi siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Ningrum, I. E., & Suparman, S. (2018, February). Analisis kebutuhan bahan ajar matematika berpendekatan kontekstual. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
QOMARIO, Q., & AGUNG, P. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ipa Berbasis Ict Sebagai Media Pembelajaran. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 239-246.
Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran ipa menggunakan model inkuiri terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar yang Berorientasi pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Capaian Pembelajaran pada Ranah Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 17-32.
Solihah, R., Purwoko, A. A., & Gunawan, E. R. (2016). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan keterampilan proses sains ditinjau dari intelligence quotient siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2).
Trnova, E., & Trna, J. (2014). Implementation of creativity in science teacher training. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 5(3), 54-63.
Verawati, N. N. S. P. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning dalam Pengajaran di Kelas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(2), 168-175.
Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis Berkomunikasi dalam Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di SDN 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1-22.
Widestra, R. A. (2021). Development of inquiry based learning model-based student worksheets through the 21st century science process skills approach to grade XI physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1876, No. 1, p. 012086). IOP Publishing.
Wigunadika, I. W. S. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 91-100.
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119-138.
Zulkifli, Z., & Royes, N. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di MIN 1 Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 3(2), 120-133.
Author Biographies
Agus Ramdani, Universitas Mataram
Muhlis, Universitas Mataram
Abdul Syukur, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Agus Ramdani, Muhlis, Abdul Syukur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).