Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik

Authors

Parni Hidayati , Muhammad Zuhdi , Syahrial Ayub , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7416

Published:

2024-04-24

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Metode Eksperimen, Penguasaan Konsep.

Articles

Downloads

How to Cite

Hidayati, P., Zuhdi, M., Ayub, S., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 238–243. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7416

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidak pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental, penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Suralaga yang berjumlah 52 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrument tes penguasaan konsep yang telah diuji validasi, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda sehingga diperoleh tes objektif sebanyak 20 butir soal. Hasil analisis data pretest penguasaan konsep peserta didik tidak jauh berbeda sebelum diberikan perlakuan. Nilai rata-rata posttest penguasaan konsep kelas eksperimen meningkat yaitu 81,69 dan kelas kontrol yaitu 72,65 setelah diberikan perlakuan. Selain itu, uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis dengan menggunakan t-test separated varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung  sebesar 3,34 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,00. Oleh karena itu terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik.

References

Anderson, L. W., Krathwohl M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Asseing. New York: Longman.

Fatwa, M. W., Harjono, A., & Jamaluddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Dan Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Pengetahuan Awal. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 121–130.

Fitrianingsi, A., Rokhmat, J., Taufik, M., & Verawati, N. N. S. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Pengusaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Empiricism Journal, 4(2), 335–342. https://doi.org/10.36312/ej.v4i2.1396 .

Heksa, A. (2020). Pembelajaran Inkuiri di Masa Pandemi. Yogyakarta: Deepublish.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 2(1), 1–10.

Mudhakir, I., Prayitno, S., & Tyaningsih, R. Y. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Barisan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 221-229. Doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5406.

Mulya, F. R., Rokhmat, J., & Ramdani, A. (2022). Validitas perangkat pembelajaran fisika model discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan generik sains. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 128-132. doi:https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1728.

Nurlaila, N., & Lufri, L. (2021). The effect of guided inquiry learning models using the help of student activity sheet on the knowledge competency of students in class xi of SMAN 1 sungayang. Journal of Physics: Conference Series, 1940(1) doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1940/1/012120 .

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA ( JPPIPA ), 4(2), 2–7

Pratiwi, A. K., Makhrus, M., & Zuhdi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inkuiri terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 290–295. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.240.

Rais, A. A., Hakim, L., & Sulistiawati. (2020). Pemahaman Konsep Siswa melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074.

Sahrudin, S., Wahyudi, & Hikmawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 335-340. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1171 .

Silviana, B. D., Ayub, S., & Wahyudi, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Alat Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Kappa Journal, 7(1), 16-23.

Sinon, I. L. S., Sapari, K. R., & Allo, A. Y. T. (2022). The influence of guided inquiry learning model through experimental method for understanding the concept of students in calorie material. Journal of Physics: Conference Series, 2392(1), 012006. doi: https://doi.org/10.1088/1742-6596/2392/1/012006 .

Sri, B., Sari, K., Jufri, A. W., Santoso, D., Studi, P., Pendidikan, M., & Mataram, P. U. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Meningkatkan Literasi Sains untuk. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.279 .

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 3rd ed.). Penerbit Alfabeta.

Sumarni, S., Kosim, K., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 220–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2042.

Syahfira, R., Permana, N. D., Susilawati, S., & Azhar, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Pada Materi Cahaya Dan Optik. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 16–23. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4560 .

Trianto, I., & Sujatmiko, B. (2021). Studi Literatur Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Kurikulum 2013 (K-13) Pada Siswa Menengah Atas. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 782-793.

Wahyuni, R., Hikmawati, & Taufik, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(4), 2407–6902.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Zuhra, N., Wahyudi, Harjono, A., Zuhdi, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(2).

Author Biography

Parni Hidayati, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Parni Hidayati, Muhammad Zuhdi, Syahrial Ayub, Satutik Rahayu

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).