Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

Nurkamfajriani , Mohammad Liwa Ilhamdi , Fitri Puji Astria Astria

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7488

Published:

2024-05-02

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

IPA, Kesulitan Belajar, Siswa Kelas IV

Articles

Downloads

How to Cite

Nurkamfajriani, Ilhamdi, M. L., & Astria, F. P. A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 244–251. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7488

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kesulitan belajar siswa dapat sukses dengan mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi oleh siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV SDN 6 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik populasi sampling, yaitu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 20 orang siswa SDN 6 Ampenan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Dari hasil analisis data angket kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN 6 Ampenan menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas IV di SDN 6 Ampenan berasal dari dua faktor penyebab yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan faktor internal dan faktor eksternal. Ada 16,73% siswa kesulitan belajarnya dengan kategori tidak sulit, sementara itu 43,73% siswa dengan kategori kurang sulit, 34,86% siswa dengan kategori sulit, dan hanya 6,57% siswa dengan kategori sangat sulit. Kesimpulan nya kesulitan belajar IPA siswa kelas IV SDN 6 Ampenan sebagian besar kurang mengalami kesulitan dan sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar IPA.

References

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis kesulitan belajar dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar IPA siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.

Anggraeni, S. T., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. 2020. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 25-37.

Bambang Sudaryana, D. E. A., Ak, M., Agusiady, H. R., & SE, M. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Deepublish. Yogyakarta.

Barkah, E. a. 2022. Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SDN. Berajah Jurnal, 2(2), 287–292.

Dhani, R. R. (2020). Peran guru dalam pengembangan kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 45-50.

Djamarah, S. B. & A. Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Irawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi. 2 (1), 30-43.

Kallesta, K. S., & Erfan, M. 2017. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Fisika Pada Materi Bunyi. Jurnal pendidikan fisika, 1 (1).

Koryati, D., Jaenudin, R., & Aisyah. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4 (1), 1-11.

Muthia, Z. N., Muderawan, I. W., & Lanang, W. I. G. 2019. Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(3), 17-23.

Pandipa, A. K. H. (2020). Kinerja guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1-9.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Rozikin, S., Amir, H., Rohiat, S. 2018. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81.

Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 2 (2), 201-212.

Santikasari, F. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran IPA di MIN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sawawa, D., Solehudin, A. & Sabri. 2018. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Mekanika Teknik dan Elemen Mesin. Journal Of Mechanical Engineering Education. 5 (1), 21-26

Situmeang, D. M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAK Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sipoholon. JURNAL PIONIR, 6(1).

Sobari, A. A., Idris, M., & Ayurachmawati, P. 2022. Analisis Kesulitan Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1132-1136.

Suharman, Hasniah & Ahiri, J. 2020. Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Maginti Kabupaten Muna Barat. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5 (4), 140-144.

Supriyanto, D. 2017. Sejarah Singkat Psikologi Pendidikan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 229-238.

Suryadi, R. A. (2016). Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(2), 253-276.

Suryani, Y. E. 2010. Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33-47

Sutisna, I. 2021. Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. ARTIKEL, 1(461).

Wahyuni. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas VII Smp Negeri 4 Terbanggi Besar. Jurnal Sains dan Teknologi, 1 (1), 29-26.

Wati, U. B., Hakim, L., & Hera, T. (2022). Analisis Pemahaman Konsep IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2227-2233.

Author Biographies

Nurkamfajriani, University Of Mataram

Mohammad Liwa Ilhamdi, Univesity of mataram

Fitri Puji Astria Astria, Univesity of mataram

License

Copyright (c) 2024 Nurkamfajriani, Mohammad Liwa Ilhamdi, Fitri Puji Astria Astria

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).