Pengembangan Media Buku Bergambar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak

Authors

Baiq Deviana Fitri Aryanti , Syaiful Musaddat , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7511

Published:

2024-05-12

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Kearifan Lokal Sasak, Media Buku Bergambar, Motivasi Belajar.

Articles

Downloads

How to Cite

Aryanti, B. D. F., Musaddat, S., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Buku Bergambar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 261–270. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7511

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku bergambar bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal suku Sasak yang layak dan praktis untuk pembelajaran di kelas II SDN 2 Janapria. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terhadap media buku bergambar bahasa indonesia berbasis kearifan lokal suku sasak untuk kelas II SDN 2 Janapria menunjukkan sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran, hal ini berdasarkan hasil validasi ahli media. 92%, validasi ahli materi sebesar 81,17%, respon guru sebesar 96%, dan respon 15 siswa memperoleh skor sebesar 88,4%. Kriteria penilaian media yang digunakan di sekolah berada pada kategori sangat sesuai dan praktis untuk media yang dikembangkan.

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach (Issue July). New York: Springer Science + Bussines Media. https://doi.org/10.1007/978- 0-387-09506-6

Enha, H. F. M. A. (2019). Pengembangan media tematik tema cita-citaku untuk melatih kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV MI AlMufidah Sidodadi Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mutimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Gawise, G., Jamin, M. V., & Azizah, F. N. (2022). Peranan Media Pembelajaran dalam Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3575-3581.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159.Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munasif, M., & Jamaludin, J. S., (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Agustus 12, 2022.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153-1160.

Istiningsih, S., Fauzy, M., & Nisa, K. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 31-41.

Marinda, L. (2020). “Piaget dan problematikanya”. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152

Maulia, B. Z. P., Musaddat, S., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 198-207.

Musaddat, S., Suarni, N.K., Dantes, N., & Putrayasa, I.B. (2023). The Effectiveness of the Influence of Digital Storybooks Based on Sasak Local Wisdom on Interpersonal Intelligence and Writing Skills. International Journal of Membrane Science and Technology.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Ningsih, P. R. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI”. 21(1), 1–9.

Qomariyanti, N., & Ermiana, I. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 178-184.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). “Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literatur Review”. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151-156. https://doi.org/10.29303/jpm.v 15i2.1663

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Renza, M. A. (2021). Pengembangan Media Gambar Erseri Pada Materi Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV. Agustus 17, 2022

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 61-70.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.

Ulandari, S., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan alat peraga Jari Baru (Jaring-Jaring Bangun Ruang) berbasis inkuiri pada mata pelajaran matematika siswa kelas VI SDN 02 Pejanggik Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 216-222.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Baiq Deviana Fitri Aryanti, Universitas Mataram.

License

Copyright (c) 2024 Baiq Deviana Fitri Aryanti, Syaiful Musaddat, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).