Unsur Budaya Dalam Cerita Rakyat Tana Samawa Hikayat Haji Batu

Authors

Muthia Utami Ramdhani , M. Syahrul Qodri , Muh. Khairussibyan , Sapiin

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7544

Published:

2024-05-19

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Cerita Rakyat, Hikayat Haji Batu, Unsur kebudayaan.

Articles

Downloads

How to Cite

Ramdhani, M. U., Qodri, M. S., Khairussibyan, M., & Sapiin. (2024). Unsur Budaya Dalam Cerita Rakyat Tana Samawa Hikayat Haji Batu. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 287–294. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7544

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Sumbawa atau tana Samawa mempunyai banyak macam kebudayaan dan karya sastra, salah satu contoh karya sastra yaitu cerita rakyat Hikayat Haji Batu, cerita rakyat yang dipopulerkan setiap tahunnya karena selalu diceritakan pada upacara adat PONAN. Hikayat Haji Batu diceritakan secara lisan (dihafal) oleh tokoh agama. Dalam cerita rakyat tersebut banyak mengandung unsur-unsur budaya yang tersirat, mulai dari awal kehidupan seorang anak yang bernama Gafar mempunyai cita-cita ke Mekkah, ilmu kehidupan di kampung halaman Gafar, berbagai kejadian yang dialami Gafar hingga bisa sampai ke Mekkah dan pada akhirnya bisa menjadi seorang haji yang disebut Haji Batu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan unsur-unsur kebudayaan dalam cerita rakyat tana Samawa “Hikayat Haji Batu”. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data menggunakan sumber data sekunder. Instrumen penelitian ini adalah saya sendiri dan lembar catatan dengan menggunakan studi pustaka dengan metode baca dan catat terhadap jenis karya sastra berupa cerita rakyat berjudul Hikayat Haji Batu. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa unsur-unsur kebudayaan dalam “Hikayat Haji Batu” terdapat tujuh unsur-unsur yaitu Sistem Sosial, Religi, Mata Pencaharian, Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Peralatan, Bahasa, dan Kesenian.

References

Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30-44.

Arifai, A. (2019). Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal. As-Shuffah, 7(2), 1-17.

Danu, A. K., & Samador, C. O. (2020). Kearifan Lokal Masyarakat Manggarai dalam Antologi Cerpen Perjalanan Mencari Ayam Karya Armin Bell: Kajian Antropologi Sastra. PROLITERA: Jurnal penelitian pendidikan, bahasa, sastra, dan budaya, 3(2), 158-172.

Ernawati, N. (2020). Buku ajar mata kuliah metodologi riset penelitian data sekunder.

Indriani, D. F., Aswandikari, A., & Qodri, M. S. (2022). Psikologi Tokoh Utama Dalam Novel Waktu Aku Sama Mika Karya Indi Sugar: Perspektif Humanistik Abraham Maslow. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2190-2201.

Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.

Isnaini, H., & Arzak, M. (2019). PASAJI PONAN SEBAGAI WUJUD KOMUNIKASI BUDAYA (Studi Interpretatif Terhadap Masyarakat Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Dalam Memaknai Tradisi Pasaji Ponan). KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 1(1), 1-16.

Marhandra, R. (2020). Tradisi Lisan Sumbawa: Kajian Etnografi Komunikasi. rehal. id.

Masduqi, M. (2020). Menumbuhkan Karakter Peduli Sosial Melalui Kegiatan Ekstra-Kurikuler. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 16(1), 94-117.

Nurjadin, R. (2021). Cerita Rakyat Tanjung Menangis: Kajian Resepsi Sastra. Mabasan, 15(2), 331-350.

Prananjaya, Adi. (2015). Media Budaya dan Keluarga Sumbawa. Rungan. Edisi 14. April 2015. www.rungandigital.com

Purna, IM. (2012). Pesta Ponan: Kearifan lokal masyarakat Samawa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Purnamalon, M. P., Sabrib, I., & Abdullah, A. (2023). Ritual Pange Manuk Sebagai Dasar Pendidikan Karakter di Suku Walan. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 203-209.

Purnani, Siwi Tri. (2017). Asal-usul Reog : Sastra lisan sindiran birokrasi pada masanya. http://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra . Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembahasannya. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmat, Lutfi Irawan. (2019). Kajian Antropologi Sasatra Dalam Cerita Rakyat Kabupaten Banyuwangi Pada Masyarakat Using, Kredo, 3 (1):84—87.

Rahmawati, I. (2022). Pengantar Psikologi Sosial. Bumi Aksara.

Reusi, Atami Puspa. (2019). Ekspresi Vlogger Melalui Media Vlog di Kota Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif Ekspresi Vlogger di Komunitas Youtube Creator Bandung). Bandung: Universitas Komputer Indonesia

Safitri, Euis Zian. (2022). Karakter tokoh Aruna dalam novel Kilovegram karya Mega Shofani (Kajian Psikologi Individual Alfred Adler). Mataram: Univeristas Mataram.

Supriadi, E. (2023). Islam Nelayan; Rekonstruksi Ritual Keislaman dalam Bingkai Islam dan Budaya Lokal Masyarakat Nelayan Cirebon. Penerbit Lawwana.

Syahabudin. Z. A. W. (2012). Hikayat Haji Batu: Cerita Rakyat Tana Samawa. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

T. Wiratno. & R.Santosa. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. pustaka.ut.ac.id. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19,2014.

Umanailo, M. C. B., Sos, S., Umanailo, M. C. B., & Sos, S. (2016). Ilmu sosial budaya dasar.

Yani, E. I., Karma, I. N., Oktaviyanti, I., & Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Author Biography

Muthia Utami Ramdhani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Muthia Utami Ramdhani, M. Syahrul Qodri, Muh. Khairussibyan, Sapiin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).