Kemampuan Investigasi Matematika Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa

Authors

Latifah Nurul Aini , Sri Subarinah , Junaidi , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7568

Published:

2024-05-22

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Articles

Downloads

How to Cite

Aini, L. N., Subarinah, S., Junaidi, & Prayitno, S. (2024). Kemampuan Investigasi Matematika Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 303–312. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7568

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan investigasi sangat penting, karena dengan kemampuan invetigasi siswa dapat mengeksplorasi pemikiran matematisnya, mencermati keteraturan pola dalam matematika dan memverifikasi data yang telah dikerjakan. Namun kenyataan kemampuan investigasi belum sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah melatih siswa agar mampu mengembangkan kemampuan numeriknya. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan model sequential explanatory yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan invetigasi siswa ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas VIII di SMPN 1 Mataram dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas VIII E. Pengambilan subjek dilakukan dengan metode simple random sampling. Metode pengumpulan data berdasarkan dua tes yakni tes keamampuan numerik dan tes kemampuan investigasi serta wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Adapun keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Berdasarkan hasil tes investigasi matematika dan kemampuan numerik, dipilih 6 siswa untuk dilakukan wawancara berdasarkan kategori kemampuan numerik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kemampuan numerik tinggi cenderung teliti, lengkap dan terstruktur dalam menyelesaikan 4 tahap investigasi matematika. Siswa berkemampuan numerik sedang masih kurang lengkap dalam memberikan informasi penyelesaian dan cenderung tidak sistematis. Siswa juga cenderung kurang cermat, kurang teliti, cenderung tergesa-gesa dan hanya mampu menyelesaikan 3 tahap investigasi matematika. Sedangkan siswa dengan numerik rendah terlihat tidak teliti dan cenderung tergesa-gesa, sehingga hanya melakukan 2 tahap investigasi matematika.

Author Biographies

Latifah Nurul Aini, Universitas Mataram

Sri Subarinah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Latifah Nurul Aini, Sri Subarinah, Junaidi, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).