Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Gaya Belajar Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Authors

Riri Tri Endri Haryati , Baiq Sri Handayani , Tri Ayu Lestari

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7593

Published:

2024-05-20

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Articulate Storyline 3, Audio Visual, Gaya Belajar, Media Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia.

Articles

Downloads

How to Cite

Haryati, R. T. E., Handayani, B. S., & Lestari, T. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Gaya Belajar Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 295–302. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7593

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pengembangan media pembelajaran seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK) penting untuk dilakukan. Proses pembelajaran kini tak lagi hanya melibatkan interaksi antara pendidik dan siswa. Media pembelajaran telah menjadi elemen penting yang memodernisasi proses belajar mengajar, dengan tujuan untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran. Kehadiran media pembelajaran membawa suasana baru dan meningkatkan kenyamanan belajar bagi para siswa. Hal ini turut memicu minat dan meningkatkan kemampuan motorik mereka. Lebih dari itu, teknologi yang terintegrasi dalam media pembelajaran memungkinkan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru dalam penggunaannya. Dengan kata lain, media pembelajaran modern tidak hanya menjadi alat bantu pengajaran, tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih kaya, menarik, dan bermakna bagi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis gaya belajar audio visual pada materi sistem pernapasan manusia yang dapat dijadikan layak dan praktis sebagai salah satu media pembelajaran interaktif disekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tetapi peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan saja yang dimana produk akan diuji coba terbatas. Teknik pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli media dan angket yang diberikan kepada siswa untuk melihat respon siswa terhadap media pembelajaran yang telah diajarkan kepada mereka. Teknik analisis data menggunakan rumus uji tingkat kelayakan dan juga uji tingkat kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran ini memperoleh skor validitas dari ahli media sebesar 88,75% yang berkategori sangat valid. Media pembelajaran ini juga telah di ujicoba terbatas dengan memperoleh persentase kepraktisan sebesar 80,75% yang berkategori sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Articulate Storyline 3 berbasis gaya belajar audio visual pada materi sistem pernapasan dikategorikan valid dan sangat praktis.

References

Adam, S., & Muhammad, T. S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3, 1-13.

Agustina, R., Yudha, I., & Sauqina. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPIES: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1, 81-89.

Akbar. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15, 156-178.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2).

Husna Arsyah, R., Ramadhanu, A., & Pratama, F. (2019). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Sistem Komputer ( Studi Kasus Kelas X TKJ SMK Adzkia Padang ). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(2), 31–38.

Husna, M. N. (2022). Tutorial Pembuatan Media Aplikasi Articulate Storyline 3 Untuk Pembelajaran Di SD. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1, 41-48.

Jumanah., Arjudin., & Awal, N. K. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 44-52.

Mallu, S. & Samsuriah. (2020). Implementasi Articulate Storyline Dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital Pada STMIK Profesional Makassa. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), 1(2).

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Nasution, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. ESKATA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 47-63.

Nasution, A. R. A. A., et al. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Preceeding International Seminar on Islamic Studies, 4(1), 1042-1045.

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Rosda Karya.

Putri, N. L. N. A., Sarjana, K., & Hikmah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan Bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304-311.

Rafmana, H., & Chotimah, U. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(1), 52-65.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.

Rozie, F. (2018). Persepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik, 5(2), 1-11.

Safira, A. D., Iva, S., & Tunjungsari, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Ariculate Storyline Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 237-253.

Setiawan, D. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui media pembelajaran segitiga bongkar pasang dengan strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Suhailah, F., Muhammad, M., Idad, S., Dindin J., & Epa, P. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19-25.

Yaumi, M. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biographies

Riri Tri Endri Haryati, Universitas Mataram

Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Riri Tri Endri Haryati, Baiq Sri Handayani, Tri Ayu Lestari

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).