Pengembangan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis PBL (Problem-Based Learning) Pada Materi IPA

Authors

Lulu Herayani , Mohammad Liwa Ilhamdi , Muhammad Syazali

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7607

Published:

2024-05-27

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

LKPD, Pembelajaran IPA, Problem-Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Herayani, L., Ilhamdi, M. L., & Syazali, M. (2024). Pengembangan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis PBL (Problem-Based Learning) Pada Materi IPA . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 342–348. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7607

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pada saat proses pembelajaran, guru memainkan peran sentral sebagai fasilitator dan pengarah untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu alat yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah lembar kerja peserta didik  (LKPD). Pendidik maupun peserta didik membutuhkan dukungan tambahan dalam pembelajaran, seperti LKPD, yang dapat meningkatkan kelancaran kegiatan belajar, memberikan arahan yang lebih jelas, dan tentunya membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dengan menyertakan materi pembelajaran yang tersusun secara sistematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD berbasis PBL yang layak dan praktis pada materi pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang terdiri atas 4 tahapan yaitu define (pendefinisian), design (desain), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 36 Cakranegara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket).  Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus presentase kevalidan dan presentase kepraktisan. Hasil penelitian dan pengembangan LKPD berbasis Problem-Based Learning berdasarkan aspek valid, dan praktis: a) Penilaian dari ahli media mendapat persentase sebesar 88,23% dengan kriteria sangat valid. b) Penilaian dari ahli materi mendapat persentase 94,54% dengan kriteria sangat valid. c) Hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 92,22% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat simpulkan bahwa LKPD berbasis Problem-Based Learning sudah layak dari aspek valid dan praktis untuk meningkatkan kualitas dan semangat belajar peserta didik kelas V sekolah dasar.

References

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Pada Topik Sudut. Pythagoras, 15(2), 190-200. doi:https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 80-88. https://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan sains, 11(1), 72-80. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16613

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. doi:https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Devi, V. M. (2023). Feasibility of Science Learning Devices with Integrated PBL Models of STEM Approach to Improve Students' Problem-Solving Ability and Self-Efficacy. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 47-51

Erfan, M., Syazali, M., Ratu, T., & Sari, N. (2022). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1139-1146.

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46. doi: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642

Febrianto, R. (2018). Pengembangan Handout Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 2(2), 64-74.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19. doi:https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24981

Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.

lhamdi, M. L., Istiningsih, S., & Ardhani, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02), 170-175.

Mulyatinigsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih.mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran.pdf

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadits, Syariah, dan Tarbiyah. 3(1), 171-187. doi: https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.317

Panggabean, N. H., Danis, A., & Nadriyah. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis mind mapping pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabat kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204-218. doi:https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1177

Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Primayana, K. H., Lasmawan, I. W., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat outdoor pada siswa kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72-79.

Ramdani, A. R., & Setiadi, D. S. (2022). Validitas E-Modul Terintegrasi Pendekatan STEM Berorientasi PBL pada Pembelajaran Biologi. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 92-97.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Razak, Y., Syah, D., & Aziz, A. (2016). Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Tanzhim, 1(02), 30-44. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/41/42

Rizki, D. A. A., Istiningsih, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan LKPD Online Berbasis Kontekstual untuk Kelas III SDN 9 Mataram. Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 312-322.

Sarie, F.N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara. 4(2), 492-498. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/3782/2014

Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Penerbit Adab.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., ... & Firmansyah, H. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0 (Vol. 1). Penerbit Insania.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Cv. Alfabeta.

Supriatna, E. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 15-19.

Surahman, E., & Surjono, H.D. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile Learning pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kartu Uno pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang. 955-961. doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/qt4mv

Urfayani, L., Tahir, M., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan LKS Matematika Kurikulum 2013 Berbasis Discovery Inqury Untuk Siswa Kelas IV SDN 26 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 3(1), 54-60.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis software liveworksheet pada materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132-141.

Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691-697. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.318

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Lulu Herayani, Mataram University

License

Copyright (c) 2024 Lulu Herayani, Mohammad Liwa Ilhamdi, Muhammad Syazali

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).