Analisis Kesulitan Guru Kelas V Dalam Melaksanakan Pembelajaran SBDP Materi Seni Rupa

Authors

Vaniamadeline Sayuna , I Nyoman Karma , Nurul Kemala Dewi

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7650

Published:

2024-05-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Kesulitan Guru, Seni Budaya Dan Prakarya, Sbdp.

Articles

Downloads

How to Cite

Sayuna, V., I Nyoman Karma, & Nurul Kemala Dewi. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas V Dalam Melaksanakan Pembelajaran SBDP Materi Seni Rupa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 389–397. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7650

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dihadapi guru kelas V dalam melaksanakan pembelajaran (seni budaya dan prakarya) SBdP materi seni rupa di SDN 28 Mataram tahun ajaran 2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru Kelas V yang mengajar mata pelajaran SBdP di SDN 28 Mataram. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, pemyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru SBdP dalam melaksanakan pembelajaran SBdP materi seni rupa di kelas V SDN 28 Mataram masih mengalami kesulitan. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru kelas V yang mengajar SBdP materi seni rupa berupa: (1) kesulitan dalam perencanaan pembelajaran yang terdiri dari kesulitan dalam membuat PROMES, kesulitan dalam menjabarkan tujuan pembelajaran, kesulitan dalam memilih media pembelajaran, dan kesulitan dalam menerapkan model pembelajaran; (2) kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kesulitan dalam mengadakan variasi pembelajaran, kesulitan membimbing diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran, dan kesulitan mengelola kelas dalam pembelajaran; (3) kesulitan dalam evaluasi pembelajaran meliputi kesulitan menentukan jenis evaluasi dan kesulitan dalam membuat pedoman evaluasi. Melalui karya peserta didik diajarkan untuk berkomunikasi secara visual sebagai bentuk ungkapan rasa dan pikiran seorang anak seperti yang diajarkan kepada peserta didik untuk mempelajari konsep seni rupa yang berfokus pada KD 3.4 yaitu memahami karya seni rupa daerah.

References

Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 5(2), 34-43.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran guru dalam implementasi Kurikulum 2013 pendidikan khusus pada SLB di Sidoarjo. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 21-30.

Ariesta, Y., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Berbasis Online Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat. Progres Pendidikan, 2(1), 20-25.

Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrial, A., Kurniawan, D. A., & Septiasari, R. (2019). Hubungan Kompetensi Pedagogik Dengan Kompetensi IPA Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar [Relationship of Pedagogical Competence and Science Competency of Elementary School Teacher Education]. Pedagogia: jurnal pendidikan, 8(2), 149-156.

Astri, A., Harjono, A., Jaelani, A. K., & Karma, I. N. (2021). Analisis kesulitan guru dalam penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 1(3), 175-182.

Astuti, D. S. (2018). Analisa Kesulitan Penyusunan Program Tahunan Dan Program Semester Bagi Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 58-62).

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.

Budhayanti, C. I. S., Wijayanti, S. H., & Dirgantara, V. E. (2022). Analisis Instruksional Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Budaya Pada Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 70-81.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2017). Analisis kesulitan guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fisika berdasarkan kurikulum 2013 di kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 49-56.

Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13.

Gotama, P. A. P. (2018). Soft Skill dalam Dunia Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan softskill dalam pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Berdasarkan pembahasan diperoleh hasil bahwa Ada 20 hal (softskill) yang d. Lampuhyang, 9(2), 26-39.

Hamzah, A. (2020). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Tematik di MI Tholabul Ulum Oku Selatan. Primary Education Journal (PEJ), 4(1)., 1-10.

Handayani, S. S. E., Suherman, S., & Masnur, M. (2021). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBdP Di KelasV SDN 123 Banti. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 26-37.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Kay, R. R. (2021). Strategi Meningkatkan Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Panrita, 2(1), 1-10.

Mulu, M., Van Mujus, Q., & Wejang, H. E. A. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Rpp Tematik. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 14-18.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. Jakarta: RajaGrafika Persada.

Nirwikira, P. P. (2023). Upaya Guru Profesional Menghadapi Era Society 4.0.

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307-316.

Panjaitan, F. (2022). Tujuan Pembelajaran Dalam Pendidikan Kristen Berdasarkan 2 Timotius 3: 16. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 134-147.

Rasyd, R., Amran, M., Satriani, S., & Rosdiah, R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengembangkan Indikator Pembelajaran Kuriukulm 2013 SDN 210 Bottopenno. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 180-199.

Richey, R. C., Fields, D. C., & Foxon, M. (2001). Instructional design competencies: The standards. ERIC Clearinghouse on Information & Technology, Syracuse University, 621 Skytop Rd., Suite 160, Syracuse, NY 13244-5290.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Diakses dari https://www. Research ate.net/pr ofile/Eko_R isdianto/publication/332415017.

Rohmayanti, F., Yulistio, D., & Utomo, P. (2019). Pelaksanaan pembelajaran kelompok kecil dan perorangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa Kelas X di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 21-32.

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99.

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9-13.

Sasongko, R. N., & Sahono, B. (2016). Desain Inovasi Manajemen Sekolah. Jakarta: Shany Publisher.

Setiawan, D., & Wahyuningtyas, S. (2019). Penerapan Model Pjbl (Project Based Learning) Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Kerajinan Tangan Dari Tulang Daun Siswa Kelas IV SDN Jepang 05 Kudus. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(2), 124-134.

Setiyaningsih, S. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144-149.

Sinulingga, K., & Munte, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 1-6.

Sugiyono. (2013). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulasmi, E., Akrim, A., & Gunawan, G. (2018). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan di Indonesia. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan dalam era revolusi industri 4.0. Indonesia. Yogyakarta: UST Yogyakarta.

Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211-221.

Author Biography

Vaniamadeline Sayuna, Universitas mataram

License

Copyright (c) 2024 Vaniamadeline Sayuna, I Nyoman Karma, Nurul Kemala Dewi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).