Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Memahami Isi Bacaan Cerita
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.7675Published:
2024-08-14Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Kesulitan membaca, Sekolah Anak Cerdas (SAC) , Teaching at The Right Level (TaRL).Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami isi bacaan cerita dan mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa yang kurang memahami isi bacaan cerita. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kulaitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diigunakan dalam penelitian ini ini diperoleh dari penelitian sebelumnya yang memiliki persamaan yaitu meneliti tentang kesulitan siswa dalam memahami isi bacaan serta sama-sama melakukan penelitian di Sekolah Dasar (SD). Teknik analisis data pada metode penelitian deskriptif kualitiatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiiki keslitan dalam memahami isi bacaan cerita diantaranya kesulitan dalam membaca kalimat/paragraf di dalam isi bacaan cerita, kepercayaan diri yang kurang, kurangnya motivasi dari orang tua, memliki daya ingat yang rendah, dan jenis cerita yang digunakan kurang menarik. Kesulitan yang dialami inilah yang menimbulkan beberapa faktor diantaranya, faktor internal (yang ada pada diri siswa) dan faktor eksternal (dari luar diri siswa). Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan siswa tersebut adalah melakukan bimbingan terhadap siswa yang mengalami kesulitan, dengan melalui program “Pendekatan Sekolah Anak CERDAS (SAC) yang dirancang oleh tim INOVASI. Dimana dalam proses pendekatan SAC ini mengadaptasi prinsip pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) Dengan penerapan program SAC ini siswa didorong untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
References
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Dianningrum, S. W., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara citra tubuh dan kepercayaan diri pada remaja perempuan. Jurnal penelitian psikologi, 8(7), 194-203. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i7.42611
Firdaus, M. (2023). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Bacaan di Kelas IV SD Negeri 17 Tanjung Batu. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1962-1970.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Misbahudholam, M. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1422-1433.
Jeni, N. F., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1603-1608. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4924
Kinasih, A., & Mariana, E. (2021). Hubungan antara motivasi belajar dan minat baca siswa dengan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Sekampung. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 39-46.
Kurniawan, R., & Parnawi, A. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184-195
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 5(2).
Melinia, S., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Identifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar pada keterampilan membaca pemahaman. Journal of Classroom Action Research, 1(1), 158-163. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2039
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(2), 137-156.
Mutaharoh, S., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2023). Gambaran Kepercayaan Diri Siswa Smk Aloer Wargakusumah. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 6(2), 71-77.
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh ruang baca terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa di sekolah dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402.
Purba, E., Munthe, Y., Hutasoit, A., Hutabarat, E., Purba, S., Herman, H., & Sinaga, Y. K. (2023). Pengaruh ruang baca terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa di sekolah dasar Negeri 034798 Pangguruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1397-1402. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5433
Putra, I. P. P. B. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2020). Determinasi motivasi belajar dan dukungan orang tua terhadap minat baca. International Journal of Elementary Education, 4(1), 26-34.
Salsabila, A., Wulan, N. S., & Rosmana, P. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 455-465).
Sari, A. K. P., & Shintiana, S. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang dihadapi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 113-122. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i2.2818
Sari, N. I., Rukayah, R., & Kamsiyati, S. (2022). Analisis kesulitan dalam memahami teks fiksi bahasa indonesia kelas III di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(1).
Suniasih, N. W. (2019, December). Motivasi belajar dan dukungan Orang tua kontribusinya terhadap minat baca siswa kelas V. In Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora-InoBali (pp. 562-573).
Wahyudi, M. A. (2021). Minat Baca Siswa Ditinjau Dari Dukungan Orang Tua Dan Motivasi Berprestasi. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 147-154.
Author Biographies
Alfianita Pratiwi, Universitas Mataram
Siti Istiningsih, Universitas mataram
Asri Fauzi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Alfianita Pratiwi, Muhammad Makki, Siti Istiningsih, Awal Nur Kholifatur Rosyidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).