Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

Authors

Cici Noris Utami , Mukhlis , Gito Hadiprayitno

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7678

Published:

2024-05-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep, Tingkat Kemampuan Akademik.

Articles

Downloads

How to Cite

Utami, C. N., Mukhlis, & Gito Hadiprayitno. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405–411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Media pembelajaran merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: 1) media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa; 2) tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa; 3) interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Mataram dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol.  Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Uji hipotesis menggunakan uji statistik Two Way Anova dengan taraf signifikansi (α)=5%. Sebelum dilakukan uji Anova, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene’s Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,004; 2) terdapat pengaruh tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig < 0,05 yaitu 0,0001; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antar media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep dengan nilai sig > 0,05 yaitu 0,199. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa dan pada tingkat kemampuan akademik terhapa pemahaman konsep siswa, tetapi tidak ada pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap pemahaman konsep siswa.

References

Christensen H. J., & Mighty, J., E. (2010). Taking Stock: Research On Teaching And Learning In Higher Education. Montreal & Kingston: Mcgill Queen’S University Press.

Dari, S. W., Muhlis., & Kusmiyati. (2021). Analisis Penggunaan Media Internet pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Mataram dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pijar MIPA. 16(3): 381-194.

Denhi, L. (2021). Pengaruh Aplikasi Zoom terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kedondong. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia.

Fidiantara, F., Jufri, A. W., & Hadiprayitno, G. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Terintegrasi Game Logika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(3): 1086-1097.

Haryati, T. E., Handayani, B. S., & Lestari, T. A. (2024) Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Gaya Belajar Audio Visual pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Classroom Action Research. 6(2): 295-302.

Inayati, N. (2016). Teknologi dan Perilaku Sosial Pelajar (Dampak Penggunaan Smartphone di SMA Negeri 3 Makassar). Jurnal Gema Kampus. 11(1): 98-107.

Irwansyah, F. S., Lubab, I., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Designing interactive electronic modules in chemistry lessons. Journal of Physics. 1(1): 1-7.

Komalasari, B. S., Jufri, A. W., & Santoso, D. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 5(2): 219-227.

Kurniawan, H. (2017). Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Android. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika). 8(1): 46-55.

Kurniawan, H. (2017). Media Pembelajaran Mobile Learning Menggunakan Android. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika. 8(1): 46-55.

Marzano, Robert, J. (2006). Theory-Based Meta-Analysis of Research on Instruction. Diakses melalui https://www.mcrel.org/

Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director pada Materi Usaha dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika. 3(1): 1-10.

Nurhasanah., Hayati, L., Salsabila, N. H., & Amrullah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Classroom Action Research. 5(4): 260-266.

Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(2): 312-323.

Primasari, R., & Herlanti, Y. (2014). Penggunaan media pembelajaran di madrasah aliah negeri se-Jakarta Selatan. Jurnal Edusains. 6(1): 68-72.

Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmantii, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 11(2): 2009–2018.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 6(3): 433-440.

Romika., & Amalia, Y. (2014). Analisis Tingkat Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Menggunakan Media Visual dan Nonvisual. MAJU. 1(2): 18-32.

Rosyid, N., & Suhayati, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Latar Belakang Pendidikan Siswa terhadap Hasil Belajar Ilmu Fara’id. Jurnal Teknologi Pendidikan. 5(1): 76-96.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Raja Rosdakarya.

Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang. 2(1): 9-16.

Uma, E. R. A., Makaborang, Y., & Ndjoeroemana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang. 2(1): 9-16.

Viajayani, E. R., Radiyono, Y, & Rahardjo, D. T. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor, Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 144–155.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Cici Noris Utami, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Cici Noris Utami, Mukhlis, Gito Hadiprayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).