Mengembangkan Kecerdasan Majemuk: Strategi Memaksimalkan Potensi Siswa di Era Society 5.0
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.7680Published:
2024-08-29Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Kecerdasan Majemuk, Era Society, Teknolgi PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kecerdasan majemuk siswa masih perlu ditingkatkan lagi. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan siswa ialah dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara mengembangkan kecerdasan mejemuk sebagai strategi memaksimalkan potensi siswa di era society 5.0. Jenis penelitian ini ialah library research atau studi kepustakaan. Sumber data diperoleh melalui literasi buku, jurnal, dan bacaan yang terkait dengan tema ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya langkah yang tepat dalam mengembangkan potensi di era society 5.0. Dengan kemajuan teknologi, tak dapat dipungkiri begitu banyaknya rintangan yang akan dihadapi. Dari setiap rintangan tersebut, kecerdasan majemuk menjadi solusi yang hangat dalam mengembangkan potensi tersebut. Tidak hanya pengetahuan, konsep kecerdasan majemuk menawarkan berbagai kemampuan didalamnya, sehingga seseorang dapat mengeluarkan potensi dan skill yang dimilikinya. Inilah yang mendasari bahwa, kecerdasan majemuk menjadi jembatan menuju Indonesa emas di era modern. Pemahaman konsep dasar IPS sangat penting bagi mahasiswa PGSD karena konsep dasar IPS sebagai fondasi yang harus dimiliki oleh calon guru untuk mengajarkan mata pelajaran IPS dengan efektif dan efisien. Melalui pemahaman konsep dasar IPS, mahasiswa dapat membantu siswa untuk megembangkan sikap sosial yang positif, ketrampilan sosial yang baik, dan kemampuan berpikir kritis.
References
Abidin, Z. (2017). Pengembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Di Madrasah. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Metro, 3(1), 92–131. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/832
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Agustito, D., Anggareni, D., Fathurahman, D., & Visual-spasial, K. (2023). Profil Kecerdasan Visual-Spasial. 6, 1005–1019.
Andari, I. A. M. Y., & Wiguna, I. B. A. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Menstimulasi Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 1(1), 55–70. https://doi.org/10.53977/jws.v1i1.1019
Apriyansyah, C. (2018). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi, 3(1), 13. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2069
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Bahar, S. (2022). Implementasi Potensi Kecerdasan Siswa SMP dengan Konsep Multiple Intelligence. Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 04(01), 53–64. https://jurnalstitmaa.org/alasma/article/view/85%0Ahttps://jurnalstitmaa.org/alasma/article/download/85/71
Destriani. (2022). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa. Jurnal Citra Pendidikan, 2(2), 465–474. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i2.612
Fantiro, F. A. (2018). Pengembangan Permainan Kinestetik Untuk Siswa Sekolah Dasar. (JP2SD) Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 6(2), 122. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7150
Fauzi, H., Yusnita, Sugito, W., Yurnalis, & Santoso, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) pada Mata Pelajaran Tematik Sekolah Dasar Hasan. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(2), 121–127. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.518%0AHistori
Fitria Aida, H. (2020). Pengaruh Minat Siswa Mengikuti Estrakurikuler Seni Tari Terhadap Kecerdasan Kinestetik di MI se Kecamatan Ngunut [Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung]. http://repo.uinsatu.ac.id/16735/
Fitriani, L. i. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Math Tadris, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.62
Fuad, M., Ismail, I., & Syamsiah, S. (2023). Pengaruh Kecerdasan Majemuk Tingkat Kecemasan Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Binomial, 6(2), 113–122. https://doi.org/10.46918/bn.v6i2.1900
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Jurnal Didactical Mathematics. Jurnal Didactical Mathematics, 4(April), 23–30.
Halim, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Eksistensial. Jurnal Academia, 5(2), 52–67.
Hartini, T. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intelektual ( IQ ), Kecerdasan Emosional ( EQ ) dan Kecerdasan Spiritual ( SQ ) Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMPN 1 Kadugede Kabupaten Kuningan. OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 1(2), 1–16.
Hidayat, S., & Nurjanah. (2022). THE INFLUENCE OF LEARNING STYLES AND MULTIPLE INTELLIGENCE ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF STUDENTS ( Research on Santri Riyadlul Huda Sukaguru Singaparna Tasikmalaya). Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 159–181.
Hijarani, T., & Nuraeni, L. (2023). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B Melalui Media Audio Interaktif Pada Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(4), 448–450.
Ikhwan, M., & Halim, A. (2023). Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spritual Siswa (Studi Kasus SMA Negeri 1 Pacet). Journal of Education and Social Analysis, 4, 28–36.
Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40
Kamal, I., Firmansyah, E. A., Rafiah, K. K., Rahmawan, A. F., & Rejito, C. (2020). Pembelajaran di Era 4.0. November, 265–276.
Karina rahmawati. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1–10.
Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal Dengan Sikap Multikultural Pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi, 3(1), 39–59.
Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1–21. https://doi.org/10.52110/jppak.v1i1.3
Laili, M. M., Suraya, L., Masitoh, S., Arum, K. R., & Tua, T. O. (2024). Penyuluhan teknik meningkatkan kecerdasan majemuk anak usia dini di paud daarussolihin cilegon. Journal, Communnity Development, 5(2), 2718–2722.
Lestari, I., & Andinny, Y. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 297–304.
Machali, I. (2014). Dimensi Kecerdasan Majemuk Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 21–45. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.462
Mahardika, L., Hermawan, R., & Rakhmat Riyadi, A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 15–25. http://eric.ed.gov/
Maitrianti, C. (2022). Strategi Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal dalam Mengenali Bakat Siswa. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(1), 160. https://doi.org/10.22373/jm.v12i1.13300
Marlina, E. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Pada Pembelajaran Matematika Melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ). METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 12–16. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v12i2.224
Mubarak, A. F., Noor, W. N., Widat, F., Wafiroh, K., & Hayati, N. (2022). Upaya Guru dalam Membangun Kecerdasan Intrapersonal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3782–3792. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2124
Munajah, R., & Supena, A. (2021). Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 15. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.4541
Nafi’, A. A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Kontrol Diri Siswa Di Sman 1 Badegan Ponorogo. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 26–27.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Multiple Intelligence Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384
Nur Tanfidiyah, & Ferdian Utama. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Cerita. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 9–18. https://doi.org/10.14421/jga.2019.43-02
Nurdiono, & Panjaitan, D. J. (2023). Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(2), 188–196.
Nurhidayati, T., & Fitriyati, L. (2024). Kecerdasan Majemuk Pada Anak Muslim Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. LENTERNAL : Learning and Teaching Journal, 5(1), 9. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Nurhikmah, C. (2023). Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Siswa Sekolah Dasar Menurut Howard Gardner Dalam Perspektif Pendidikan Islam. AL-MUJAHIDAH : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 30–39.
Nurmala, Z., & Supardi, Z. A. I. (2023). Pengembangan Media Science Comic Untuk Melatih Kecerdasan Visual-Spasial Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 08, 6368–6376. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9016%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/9016/3601
Oviyanti, F., & Ilmu. (2017). URGENSI KECERDASAN INTERPERSONAL BAGI GURU Abstrak. Tadrib, III.
Parwati, N. P., & Pramartha, I. N. B. (2021). Strategi guru sejarah dalam menghadapi tantangan pendidikan indonesia di era society 5.0. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Pertiwi, A. W. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP 1 Cemerlang Sepatan Timur Kelas VII. Journal of Academia Perspectives, 2(2), 121–132. https://doi.org/10.30998/jap.v2i2.1043
Pradestya, R., Imswatama, A., & Siti Balkist, P. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Pada Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Logis-Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(volume 5), 73–92. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i1.1723
Putri, P. A., & Ismet, S. (2020). Efektivitas Permainan Perkusi Kastanyet Terhadap Kecerdasan Musikal Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 463–468. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/484
Qowiyah, S. H. (2020). Analisis Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 96–101. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.26239
Rahardjo, B., Sutriah, N., & Rozie, F. (2019). Strategi Pembelajaran Dalam Optimalisasi Kecerdasan Musikal. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 37–42.
Ramadhan, P. U., Nahdlatul, U., Indonesia, U., Aziz, L. A., Nahdlatul, U., & Indonesia, U. (2022). Implementasi Pengembangan Kecerdasan. 16(2), 47–54.
Ramdhani, S. (2023). Strategi Membangun Kemampuan Logis Matematis Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i2.6546
Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.607
Rohani, A., Nurhalizah, N., & Ritonga, S. (2023). Perkembangan Kecerdasan Majemuk Pada Peserta Didik. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 221–229. https://doi.org/10.56832/pema.v2i3.309
Sabarudin, M., Ginanjar, M., & Stai, H. (2022). Strategi Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) Tingkat SMA. Cendekia Muda Islam Jurnal Ilmiah, 2(2), 355–30. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2996
Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.2963
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Siregar, A. R., & Muchtar, M. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences ( Kecerdasan. JMI : Jurnal Millia Islamia, 02(2), 299–311.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 24–35.
Susandi, A., & Marwan, M. (2020). Implementasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(3), 260–271. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.2979
Susanti, V. D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71–83. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i1.998
Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987
Wijaya, A., & Hayati, R. M. (2024). Pembelajaran Aswaja Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik MA Ma ’ arif Roudlotut Tholibin Kota Metro dan di katakan agama yang kaffah ( menyeluruh ). Akan tetapi berbeda-beda dalam. 13, 72–90.
Wijaya, K. (2023). Penerapan Konsep Multiple Intelegence Dalam Pembelajaran PAI di SD. Jurnal Cerdik: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2, 167–178. https://doi.org/10.21776/ub.jcerdik.2023.002.0
Wijaya, I. K. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (SD) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2), 147. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568
Yani, H. P., Wiwinda, W., & Nirwana, E. S. (2023). Pengaruh Kegiatan Drum Band untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal pada Anak Usia Dini. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 43–49. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6041
Yusriyah, A. H., & Retnasari, D. (2023). Mengembangkan bakat dan minat siswa. Prosiding Teknik Tata Boga Busana FT UNY, 18(1), 2–5.
Zefanya, F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 135. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2772
Author Biographies
Roby Ariatman, Universitas Islam Negeri Mataram
Syamsul Arifin, Universitas Islam Negeri Mataram
Musari, Universitas Islam Negeri Mataram
License
Copyright (c) 2024 Roby Ariatman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).