Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Menerapkan Prosedur Teknik Pengefreisan Balok Segiempat di SMK Negeri 1 Selong untuk Peningkatan Hasil Belajar Kelas IX

Authors

Agus Wibowo

DOI:

10.29303/jcar.v2i2.769

Published:

2020-08-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2020)

Keywords:

model pembelajaran berbasis masalah, pemahaman peserta didik, balok segiempat

Articles

Downloads

How to Cite

Wibowo, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Menerapkan Prosedur Teknik Pengefreisan Balok Segiempat di SMK Negeri 1 Selong untuk Peningkatan Hasil Belajar Kelas IX. Journal of Classroom Action Research, 2(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v2i2.769

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Model pembelajaran berbasis masalah dimplementasikan pada penelitian tindakan kelas pada kelas XI SMK Negeri 1 Selong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan sampel peserta didik sebanyak 25 orang. Data hasil belajar dikumpulkan untuk setiap siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian dengan cara tes, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada siklus I mencapai nilai rata-rata 70,50. Pada siklus II nilai peserta didik mencapai nilai rata-rata 78,50. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi menerapkan prosedur teknik pengefreisan balok segiempat efektif diimplementasikan guna meningkatkan hasil belajar peserta didik

References

Husna, H. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Menerapkan prosedur teknik pengefreisan balok segiempat Siswa. Jurnal Serambi Ilmu, 18(2).

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Shadiq, F. (2009). Model-model pembelajaran matematika SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika Depdiknas.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. Bandi, N. T. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 69-82.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Author Biography

Agus Wibowo, SMK Negeri 1 Selong. Jln. Pejanggik No. 74, Rakam, Selong, Lombok Timur

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).