Pengembangan E-Modul Berbasis Eduwisata Pada Konsep Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.7698Published:
2024-05-28Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024Keywords:
Berpikir Kritis, Eduwisata, Pteridophyta.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridophyta) yang valid dan praktis serta untuk mengetahui tingkat efektivitas e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D terdiri dari tahapan define, design dan development. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket validasi ahli materi, ahli media dan angket respon guru serta angket respon peserta didik untuk uji kepraktisan dan keefektifan e-modul. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terhadap e-modul berbasis eduwisata menunjukkan sangat valid berdasarkan rata-rata hasil validasi dari ahli materi, ahli media dan guru biologi sebesar 94%, dan sangat praktis berdasarkan respon 10 siswa dengan persentase sebesar 85%. Kemudian tingkat efektivitas e-modul dilihat dari rata-rata skor hasil pretest siswa sebesar 46,2 dan post test sebesar 85 sehingga adanya peningkatan hasil yang menunjukkan e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridopyta) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X. Adapun untuk uji keefektifan dari e-modul bebasis eduwisata dengan uji N-Gain mendapatkan skor 0,70 dengan kriteria efektif. Sehingga e-modul berbasis eduwisata pada konsep tumbuhan paku (Pteridophyta) dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X.
References
Aini, Z, Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedan Penguasaan Konsep Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 19-23. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466
Aryanti, B. D. F., Musaddat, S., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Buku Bergambar Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak. Journal of Classroom Action Research, 6(2) : 261-270. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7511
Devi, I. A. S., Damiati., & Adnyawati, S. (2018). Potensi Objek Wisata Edukasi Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Bosaparis : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 9(2) : 130-142.
Gitnita,. Sepna,. Kamus. Z., & Gusnedi. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual pada Materi Fisika tentang Vektor dan Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2) : 153-160.
Haka,. Bidayati. N., Majid. E., & Pahrudin. A. (2021). Pengembangan Emodul Android Berbasis Metakognisi sebagai Media Pembelajaran Biologi Kelas XII SMA/MA. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika 9(1) : 71-83.
Herawati., Astawa, S., Suarta., & Astini, N. (2023). Pengembangan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1) : 19-25. http://doi.org/10.29303/jcar.v5il.2640
Iskandar, N. A., Krismanto, W., & Lukman. (2024) . Fostering Critical Thinking Skills in Elementary Schools With Video-Assisted Discovery Learning. Journal of Clasroom Action Research, 6(2) : 252-260. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.5227
Jamaluddin., Jufri, A. W., Ramdhani, A., & Azizah, A. (2019). Profil literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Pendidikan IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 120-130. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.185.
Laili, I., Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalansi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3) : 306-315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Latif, B. S., & Amelia, M. (2022) . Dampak Pengembangan Daya Tarik Wisata Edukasi Dalam Peningkatan Pengunjung Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 461-471. https://doi.org/10.5281/zenodo.7350283
Lu, D., & Xie, Y. (2019). The Effects Of A Critical Thinking Oriented Instructional Pattern In A Tertiary EFL Argumentative Writing Course. Higher Education Research and Development, 38(5), 969–984. https://doi.org/10.1080/07294360.2019.1607830
Kuncahyono., & Aini, D. F. N. (2020). Pengembangan Pedoman E-Modul Berorientasi Student Active Learning Sebagai Pendukung Pembelajaran Di Sekola Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2) : 292-304. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999
Prastiwi, S. (2016). Manajemen Strategi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten. Publika.
Putri, N. H., Raksun, A., & Mertha. (2018). Identifikasi Tumbuhan Paku Sejati (Filicopytha) di Kawasan Hutan Wisata Aik Nyet sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Biologi Tropis, 18(1), 104-108.
Ramdani, A., Jufri, A., Jamaludin. J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119-124. http://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Silalahi, S., Nasution, T., Suriyani., & Siregar, W. W. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1835-1846. https://media.neliti.com
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung : ALFABETA. http://digilib.stekom.ac.id
Sutisna, A. N., & Afendi, A. H. (2018). Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Ecolab, 12(1), 1-11. https://doi.org/10.20886/jklh.2018.12.1.1-11
Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Riduwan. (2010). Skala Penyusunan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta. https://journal.unj.ac.id.
Zulkarnaen., & Handoyono, A. D. (2019) . Faktor-Faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 20-24. https://bimawa.uad.ac.id
Author Biographies
Sukmayanti, Universitas Mataram
Agus Ramdani, Universitas Mataram
Baiq Sri Handayani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Sukmayanti, Agus Ramdani, Baiq Sri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).