Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.7711Published:
2024-05-28Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024Keywords:
Kemampuan Computational Thinking, Model Problem Based Learning, Smart Apps CreatorArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Problem based learning merupakan model yang biasa digunakan dalam pembelajaran. Akan tetapi pembelajaran yang dilakukan cenderung menggunakan sumber belajar yang terbatas serta kurang melibatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga guru perlu mengetahui penerapan model problem based learning yang baik agar pembelajaran yang dilakukan menjadi optimal.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan smart apps creator terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMA Negeri 7 Mataram. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu quasi eksperimental (eksperimen semu) dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling berdasarkan nilai ujian harian siswa sehingga diperoleh kelas X-D dan X-H sebagai kelas eksperimen serta kelas X-A dan X-C sebagai kelas kontrol. Kemampuan computational thinking di ukur dengan menggunakan soal essay. Data dianalisis menggunakan statistik non parametrik yaitu menggunakan uji Man-Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan nilai uji hipotesis sebesar 0.00 atau < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning berbantuan smart apps creator terhadap kemampuan computational thinking siswa SMAN 7 Mataram.
References
Angga, A. (2022). Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan 4C Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281-294. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541 diakses tanggal 7 Mei 2024
Arief, H. S., Maulana, M., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-150. DOI: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2945 diakses tanggal 12 Mei 2024.
Asyhari, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Metakognitif. Journal Of Biology Education, 1(2), 165.
Fahri, A. (2022). Smart Apps Creator (SAC) Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Sejarah di SMAIT Insan Mulia Boarding School. Jurnal Ilmiah WUNY, 4(2), 200-209. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54518 diakses tanggal 26 Agustus 2023.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Harti, Y. P., Sari, L., Agustin, A., & Budijanto, B. (2022). Mengenal Computasional Thingking (Salah Satu Kompetensi Baru Dalam Kurikulum Merdeka 2022). Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(4), 7-14. DOI: https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i4.2604 diakses tanggal 11 Mei 2024.
Hakim, M. A. A., & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS Dalam Mata Pelajaran Ekonomi DI SMA N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(2).
Jannah, R., Darmiany., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model PembelajaranProblem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119-127. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6745 diakses tanggal 21 Mei 2021.
Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasional dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136-144. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6992 diakses tanggal 12 Mei 2024.
Kules, B. (2016). Computational Thinking Is Critical Thinking: Connecting to University Discourse, Goals, And Learning Outcomes. Proceedings Of The Association For Information Science And Technology, 53(1), 1-6. DOI: https://doi.org/10.1002/pra2.2016.14505301092 diakses tanggal 20 Agustus 2023.
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4127 diakses tanggal 4 Oktober 2023.
Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional; faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 127-137.
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60-75. DOI: https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.157 diakses tanggal 12 Mei 2024.
OECD. (2022). Pisa 2022 results in focus. Paris: OECD. DOI: https://doi.org/10.1787/g222d18af-en diakses tanggal 26 September 2023.
Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375-385. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302 diakses tanggal 26 Agustus 2023.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86. DOI: https://dx.doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440 diakses tanggal 7 Mei 2024.
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
Royani, I., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58-65. DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900 diakses tanggal 21 Mei 2022.
Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Tyas, R. (2017). Kesulitan penerapan problem based learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Tecnoscienza, 2(1), 43-52.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50-62
Wibowo, A. (2019). Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains pada Mahasiswa Tingkat Pertama Terhadap Konsep Biologi Dasar. Education and Human Development Journal, 4(1), 72-79. DOI: https://doi.org/10.33086/ehdj.v4i1.1085 diakses tanggal 23 September 2023.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2015). Penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan aspek sikap literasi sains siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 8.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran Guru dalam Pelaksanaan Model PBL (Problem Based Learning) Sebagai Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6408 diakses tanggal 12 Mei 2024.
Ziplin, Z. (2021). Problem-Based Learning Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smk Negeri 3 Tebo. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(1), 102-106. DOI: https://doi.org/10.51878/teacher.v1i1.588 diakses tanggal 12 Mei 2024.
Author Biography
Nusrotun, prodi pendidikan biologi,FKIP, Universitas mataram
License
Copyright (c) 2024 Nusrotun, Dadi Setiadi, Tri Ayu Lestari, A. Wahab Jufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).