Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Dengan Media PowerPoint

Authors

Yeny Martina , Agus Ramdani , Mahrus

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7712

Published:

2024-05-28

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Hasil Belajar, Media Sparkol Videoscribe, Media Powerpoint.

Articles

Downloads

How to Cite

Martina, Y., Ramdani, A., & Mahrus. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Dengan Media PowerPoint . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 363–370. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7712

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan media video pembelajaran berbasis Sparkol videoscribe dengan media Powerpoint. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy eksperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Lembar yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah total 200 siswa. Sampel ditentukan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-1 dan X-2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas yaitu 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kedua kelas eksperimen mengalami peningkatan dilihat dari nilai post-test yang diperoleh, namun hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih tinggi dari eksperimen 2 dilihat dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 yaitu 75,25 sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu 64,81. Uji normalitas data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pre-test memiliki varian yang homogen sedangkan pada data post-test memiliki varian yang tidak homogen. Uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test diambil berdasarkan nilai Equal variances not assumed diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,016 < 0,05 mengarahkan pada penolakan Ho, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar biologi menggunakan media video pembelajaran berbasis Sparkol videoscribe dengan media Powerpoint pada siswa kelas X SMAN 1 Lembar.

References

Afifah, N., & Hidayat, B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Swarnadwipa. 2(3), 189-200.

Arigiyati, T, A., Kusumaningrum, B., & Kuncoro, K, S. (2021). Pemanfaatan Videoscribe Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 1-9.

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Bahar, I., Syamsiah., & Bahri, S. (2018). Penggunaan Media Powerpoint dan Animasi terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Jurnal Celebes Biodeversitas. 2(1), 1-8.

Dewi, C, S., Suprapto. P. K., & Badriah, L. (2019). Peranan Media Sparkol VideoScribe Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Lintas Minat Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 4(2), 93-100.

Fitratunisyah., Muhlis., Khairuddin., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Video dan Media PowerPoint dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Imilah Profesi Pendidikan. 8(3), 1654-1663.

Haryati, T, E., Handayani, B, S., & Lestari, T, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Gaya Belajar Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Journal of Classroom Action Reseacrh. 6(2), 295-302.

Hudhori, M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Teks Biografi. Journal of Classroom Action Reseacrh. 5(1), 277-283.

Kamil, P, M. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Dengan Menggunakan Media Powerpoint dan Media Torso. Jurnal Pendidikan Biologi. 3(2), 64-68.

Nafizah, S, D., Mahardika, I, K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Videoscribe Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Veteran. 5(1), 1-10.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1), 128-135.

Pardomuan, G. N., & Limbong, A. (2022). Pengantar Aplikasi Komputer. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Ramadha, I, E., & Zuhaida, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card. Journal of Classroom Action Reseacrh. 3(2), 46-52.

Sulfian, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2020). The Effect of Scribe Video Media on Students’ Interest and Learning Outcomes on Human Digestive Organs Material in Class V of SDKE 32 UKKE’E Soppeng Regency. Jurnal Dikdas. 8(1), 57-69.

Sutha, D. W. (2019). Buku Ajar Biostatistika. Malang: Media Nusa Creative.

Tammu, R, M. (2017). Keterkaitan Metode dan Media Bervariasi Dengan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik). 2(1), 134-142.

Wahdini, F, I., Sesmiarni, Z., Aprison, W., & Melani, M. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi dengan Menggunakan Powerpoint pada Mata Pelajaran Fikih di MIS Baitul Hasanah Muara Bungo. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(1), 561-572.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. Jakarta: Bumi Aksara.

Yolanda, S, B., Mahardika, I, K., & Wicaksono, I. (2021). Penggunaan Media Video Sparkol Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika. 9(2), 189-203.

Author Biographies

Yeny Martina, University of mataram

Agus Ramdani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Yeny Martina, Agus Ramdani, Mahrus, Gito Hadi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).