Eksplorasi Nilai Pendidikan Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang Karya Sagimun M.D

Authors

M. Gifari Rahmadin , Marii , Mahmudi Efendi , Syaiful Musaddat

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7717

Published:

2024-05-27

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Cerita Rakyat Sasak, Moral , Nilai Pendidikan Agama, Sosial.

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmadin, M. G., Marii, Efendi, M., & Musaddat, S. (2024). Eksplorasi Nilai Pendidikan Pada Cerita Rakyat Sasak Cupak Gerantang Karya Sagimun M.D. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 328–341. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7717

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita rakyat Sasak Cupak-Gerantang Karya Sagimun M.D. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat atau teks-teks yang terdapat dalam Cerita rakyat Sasak ‘Cupak-Gerantang’. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan dengan  mengumpulkan informasi dan data dengan mencatat, memilah, dan menelaah nilai pendidikan, berupan nilai pendidikan agama, moral, dan sosial dalam cerita Cupak-Gerantang. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah:  Mengidentifikasi, Mengklasifikasikan, Mendeskripsikan, Menganalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan yang paling dominan adalah nilai pendidikan moral yaitu 24 kutipan yang meliputi disiplin, rendah hati, komitmen, keteladan, dan solidaritas. Selanjutnya, nilai pendidikan agama menempati urutan kedua, yaitu 18 kutipan yang meliputi akhlak kepada agama ‘ketaqwa’, akhlak pada manusia, dan akhlak peribadi. Nilai pendidikan yang paling akhir adalah nilai pendidikan sosial, yaitu 15 kutipan, yang meliputi kerjasama, mufakat dan tolong menolong. Hal ini berarti bahwa cerita rakyat Sasak ‘Cupak-Gerantang’ dapat digunakan di sekolah tetapi harus disesuaikan dengan karakteristik siswa. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa cerita ini cukup bagus untuk dijadikan sebagai dasar untuk membentuk nilai-nilai pendidikan peserta didik oleh para guru, mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah.

References

Andry, M R., Maryatin, & Ika R., (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Pada Cerita Rakyat Paser Dan Berau Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Smk Muhammadiyah Long Ikis. Jurnal Basataka (JBT) Universitas Balikpapan. Vol. 5, No. 1, Juni 2022. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/159

Andiani, S. N., Kosim, A., & Waluyo, K. E. (2022). Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Masyarakat Di SDIT Miftahul Diniyah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 405-415. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/2144

Andita, S. S. P. (2023). Manfaat Perpustakaan Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca Generasi Milenial di Era Globalisasi. LIBRIA, 14(2), 122-142. https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/libria/article/view/16808

Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/307

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1701

Daulay, K. (2022). Metode tafsir taysir al-karimi ar-rahman fi tafsir kalam al-mannan di Pondok Pesantren An-Nur Kelurahan Panyanggar Kota Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan). https://etd.uinsyahada.ac.id/7941/

Fajriati, K. M., Lestari, D. P. I., Rahayu, A. E., & Wardani, I. K. (2022). Kedudukan Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Masyarakat Sebagai Pengembangan Kinerja Menuntut Ilmu Peserta Didik. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 118-125. https://ejournal.papanda.org/index.php/edukasiana/article/view/137

Gloriani, Y., Pujiatna, T., & Kurnia, M., (2021) Fenomena Dan Realitas Sosial Budaya Serta Nilai-Nilai Pada Cerita Rakyat Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021. https://journal.uniku.ac.id/index.php/FON/article/view/4502

Imawan, M., Pettalongi, A., & Nurdin, N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 2(1), 323-328 https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/issue/archive

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34-47. https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-liqo/article/view/349

Octaviana, DW., (2018) .Analisis Nilai-nilai Pendidkan Dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu Karna Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi sastra. Jurnal Kata Penelitian tentang ilmu Bahasa & Sastra. Vol 2, No 2 (2018) http://103.111.125.15/index.php/kata/article/view/3334

Prasetiawati, E. (2017). Konsep pendidikan anak menurut al-qur’an perspektif muhammad quraish shihab. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116-131. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/523

Ramadinah, D., Setiawan, F., Ramadanti, S., & Sulistyowati, H. (2022). Nilai-nilai Budaya dan Upaya Pembinaan Aktivitas Keagamaan di MTs N 1 Bantul. PANDAWA, 4(1), 84-95. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1571

Romadhon MA., Maryatin, & Ika R., (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Pada Cerita Rakyat Paser Dan Berau Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Smk Muhammadiyah Long Ikis. Jurnal Basataka (JBT) Universitas Balikpapan. Vol. 5, No. 1, Juni 2022. http://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/159

Saihu, (2020) . Pendidikan Sosial Yang Terkandung Dalam Surat At-Taubah Ayat 71-72, : Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 09/NO: 01 Februari 2020. https://www.jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/703

Sari, Y. M. (2014). Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 23(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/2059

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/view/953

Soviana, W., & Septiana, D., (2020). Nilai Karakter Dalam Cerita Rakyat Marasai Mangkonyo Santun. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7235

Suryani, H., Hermandra, & Charlina (2022) Gaya Bahasa dalam Cerita Rakyat Riau. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau. Halaman 13628-13635 Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/4607

Author Biographies

M. Gifari Rahmadin, Universitas Mataram

Syaiful Musaddat, Universitas Samawa

License

Copyright (c) 2024 M. Gifari Rahmadin, Marii, Mahmudi Efendi, Syaiful Musaddat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).