Pengembangan LKPD Berbasis Bioekologi Budidaya Ikan Air Tawar Terhadap Literasi Sains Siswa

Authors

Lalu Muhammad Imam Quthbi.M.N , Muhammad Tahir , Setiani Novitasari

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7735

Published:

2024-05-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Bioekologi Budidaya Ikan Air Tawar, Literasi Sains

Articles

Downloads

How to Cite

Quthbi.M.N, L. M. I., Tahir, M., & Novitasari, S. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Bioekologi Budidaya Ikan Air Tawar Terhadap Literasi Sains Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 398–404. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7735

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pendidikan diselenggarakan dengan pedoman yang ditegaskan oleh satuan pendidikan, potensi daerah, dan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Berbasis Bioekologi Budidaya Ikan Air Tawar Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V pada materi Ekosistem Tema 5 yang valid dan menarik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model 4D. Prosedur penelitian adalah sebagai berikut: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan materi serta angket respon guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase hasil uji validasi ahli media sebesar 83,92% dengan kategori valid, ahli materi sebesar 91,66% dengan kategori sangat valid, respon peserta didik sebesar 88,73% dengan kategori sangat menarik, dan respon guru sebesar 98,33% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan penelitian dan hasil pengembangan melalui hasil uji validasi ahli materi dan media yang diperkuat oleh hasil respon guru dan peserta didik dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Bioekologi Budidaya Ikan Air Tawar Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V dinyatakan sangat valid dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Anisa, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Potensi Lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.

Diana, A., Tahir, M., & Khair, B. N. (2022). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam untuk Kelas IV SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 141–150. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.419

Habibah, S.O. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Budaya Lokal Lampung Materi Seni Rupa Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBDP) Kelas V Sd/MI. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hairani, G. R. ., Safruddin, & Setiawan, H. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 142–148. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1805

Harahap, F. Nurliza. Nasution, N. E.A. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Perbanyakan Tanaman Melalui Kultur Jaringan Sebagai Sumber Belajar Tambahan Untuk Siswa SMA. Jurnal Pelita Pendidikan Volume 8 Nomor 1 (2020) 052 – 061.

Herayani, L., Ilhamdi, M. L., & Syazali, M. (2024). Pengembangan LKPD ( Lembar Kerja Peserta Didik) Berbasis PBL (Problem-Based Learning) Pada Materi IPA . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 342–348. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7607

Jannah, Fathul. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. -, 1(2), 19-24.

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Sekolah Dasar Berorientasi Lingkungan. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.

OECD. (2003). Mathematics, Reading, Science, and Problem Solving Knowledge and Solving. The PISA 2003 Assessment Framework.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematics and Financial Literacy. OECD Publishing. Paris-France.

Oktaviyanti, I., Nurhasanah, N., & Prasetya, P. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Komik Muatan IPS Tema 3 Subtema 3 pada Kelas IV SDN 42 Cakranegara. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 6(2),190.https://doi.org/10.25273/gulawentah.v6i2.10098

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing

Rifa’I, M. A. (2004). Kamus Biologi (edisi keempat). Jakarta : Balai Pustaka.

Setiyawan, B. (2016). Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar Rekreatif di Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setyowati, R., Parmin, P., Widyatmoko, A. (2013). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi sebagai Bahan Ajar Siswa SMKN 11 Semarang. Unnes Science Education Journal 2 (2)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Thiagarajan, S. Semmel, D.s. Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Source Book. Minnesota: University of Minnesota.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prenadamedia Utama.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Ilmiah: Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Author Biography

Lalu Muhammad Imam Quthbi.M.N, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Lalu Muhammad Imam Quthbi.M.N, Muhammad Tahir, Setiani Novitasari

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).