Pengaruh Media Audio Terhadap Hasil Belajar Menyimak Cerita Siswa

Authors

Geofani Wijayanti , Husniati , Setiani Novitasari

Published:

2024-05-30

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Hasil Belajar, Media Audio, Menyimak Cerita.

Articles

Downloads

How to Cite

Wijayanti, G., Husniati, & Novitasari, S. (2024). Pengaruh Media Audio Terhadap Hasil Belajar Menyimak Cerita Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 382–388. Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/7785

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio terhadap hasil belajar menyimak cerita siswa kelas IV SDN 4 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasi Experimental Design dengan tipe penelitian non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 40 siswa.  Kelas kontrol menggunakan media teks bacaan sedangkan kelas eksperimen diberi perlakukan dengan menggunakan media audio. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan obeservasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas, setelah melakukan uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Samples Test). Data yang diperoleh dari hasil nilai pre-test pada kelas kontrol 76,87 dan eksperimen 66,62. Hasil nilai post-test pada kelas kontrol yaitu 82,5 dan eksperimen 86,87. Data hasil belajar menyimak berupa pre-test dan post-test kemudian dianalisis menggunakan uji sample independen dan diperoleh t-hitung sebesar 0,995. Dari hasil analisis menggunakan uji Independent sampel t-tes diperoleh hasil nilai signifikansi 0,328 > 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh dari penerapan pembelajaran menggunakan media audio terhadap hasil belajar menyimak cerita pada siswa kelas IV  SDN 4 Mataram.

License

Copyright (c) 2024 Geofani Wijayanti, Husniati, Setiani Novitasari

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).