Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Agribisnis Pengolahan Hasil Nabati Kelas XII SMKN 1 Sakra

Authors

Rohatin Arpianingsih

DOI:

10.29303/jcar.v1i2.781

Issue:

Vol. 1 No. 2 (2019)

Keywords:

Hasil belajar, Peserta didik, Agribisnis Pengolahan Hasil Nabati

Articles

Downloads

How to Cite

Arpianingsih, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Agribisnis Pengolahan Hasil Nabati Kelas XII SMKN 1 Sakra. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 89–92. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.781

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Sakra pada materi pengolahan hasil nabati dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMKN 1 Sakra yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan adalah hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Sabjek penelitian ini adalah ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Sakra yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah mampu mendorong pemikiran siswa untuk berkembang dnegan cepat dimana aktivitas yang mendukung proses belajar mengajar terus mengalami peningkatan dan aktivitas yang tidak relevan dengan kegiatan proses belajar mengajar berkurang dari pertemuan kepertemuan berikutnya. Berdasarkan hal ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan odel pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan hasil nabati

References

Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Ani, Yubali. "Penilaian autentik dalam kurikulum 2013." In Seminar Nasional Implementasi Kurikulum, pp. 742-749. 2013.

Asnita & Gani, Erizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Berbasis masalah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 23-31.

Kaliky, Syafruddin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri Melalui Pembelajaran Koperatif Tife Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Ambon. Jurnal Peternakan dan Pembelajaran. 5(1), 68-86).

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Berbasis masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1),90- 98.

Laila, A. N. & Budhi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 57-64.

Prasojo, Teguh. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Peternakan dengan Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Jurnal Peternakan Kreatif-Inivatif. 7(1), 91-98.

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Santyasa, I. W. (2007). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha

Author Biography

Rohatin Arpianingsih, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sakra

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).