Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMKN 1 Sakra Pada Materi Pengolahan Hasil Hewani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Authors

Rohatin Arpianingsih

DOI:

10.29303/jcar.v2i2.782

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2020)

Keywords:

Hasil belajar, Peserta didik, Pengolahan hasil hewani, Model pembelajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Arpianingsih, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMKN 1 Sakra Pada Materi Pengolahan Hasil Hewani Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Classroom Action Research, 2(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v2i2.782

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMKN 1 Sakra pada materi pengolahan hasil nabati dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMKN 1 Sakra yang terdiri dari dua siklus. Tahapan PTK yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan adalah hasil belajar siswa, hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Sabjek penelitian ini adalah ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Sakra yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan hasil nabati. Hal ini terlihat dari presentase ketuntasan sebesar 95 % dengan nilai rata-rata ada siklus II adalah 75,00.

References

Anas, M., & Pdi, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Ani, Yubali. "Penilaian Autentik Dalam Kurikulum 2013." In Seminar Nasional Implementasi Kurikulum, Pp. 742-749. 2013.

Arif, A. S. (2017, October). Peningkatan Hasil Belajar Materi Elektrolisis Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XII KI 1 SMK Negeri 1 Mojoanyar Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, Pp. 628-640).

Asnita & Gani, Erizal. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 23-31.

Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 2(1),90- 98.

Laila, A. N. & Budhi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 57-64.

Prasojo, Teguh. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peternakan Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Jurnal Peternakan Kreatif-Inivatif. 7(1), 91-98.

Rahman, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peseerta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Tentang Macam-Macam Irigasi Kelas Xii Bb Di Smk Negeri 2 Bogor Semester V Tahun Pelajaran 2015/2016. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(1), 1-15.

Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-Model Pembelajaran Dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Santyasa, I. W. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Author Biography

Rohatin Arpianingsih, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sakra

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).