Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024
Open Access
Peer Reviewed

Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika

Authors

Dinda Sekar Kinasih , Baiq Peberwanti , Baiq Siti Munawarah , Bella Trisani , Atika Rizki Amaliah , Haifaturrahmah

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.7822

Published:

2024-08-31

Downloads

Abstract

Media pembelajaran masih jarang digunakan oleh guru. Guru masih kesulitan untuk mengembangkan media sesuai dengan tuntunan abad 21, dimana guru dan siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan tersebut. Selain itu penelitian ini didasari karena kurangnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media puzzle. Penelitian ini dilakukan pada kelas I di SDN 45 Ampenan. Hasil penelitian yang menggunakan II siklus pada pembelajaran Matematika yakni materi penjumlahan dan pengurangan dengan melihat rendahnya nilai ulangan peserta didik. Oleh karen itu, pada siklus I dengan hasil 10 dari 27 peserta didik memperoleh ketuntasan nilai KKM, sedangkan pada pembelajaran siklus II mendapatkan hasil 20 dari 27 peserta didik memperoleh nilai diatas KKM, sehingga hasil pembelajaran dengan penerapan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas I SDN 45 Ampenan telah tercapai.

Keywords:

Hasil Belajar, Media Puzzle, Siswa Sekolah Dasar

References

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34–40.

Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad ( Student Team Achievement Division ) Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 29-30.

Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Habibah, U., Santika, R., Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa sd dalam pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 1-6.

Indrawati, A., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Matematika Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 153-161. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5194

Kasri, K. (2018) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Penelitian dan Konseptual, 2 (3), 320-325.

Lestari, W. L., & Salsabila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo. NER, 1 (1), 7–14.

Meinisa, A., & Wasitohadi (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2 (1), 27–37.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 3 (1), 171–187.

Oktaviani, D. T., Intiana, S. R. H., & Hakim, M. (2023). Pengembangan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 300-305. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4315

Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED, 1(1), 50–59.

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 289-302.

Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960-965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

Author Biographies

Dinda Sekar Kinasih, Universitas Mataram

Baiq Peberwanti, Universitas Mataram

Baiq Siti Munawarah, Universitas Mataram

Bella Trisani, Universitas Mataram

Atika Rizki Amaliah, Universitas Mataram

Haifaturrahmah, Universitas Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Kinasih, D. S., Peberwanti, B., Munawarah, B. S., Trisani, B., Amaliah, A. R., & Haifaturrahmah. (2024). Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika . Journal of Classroom Action Research, 6(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.7822