Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.7822Published:
2024-08-31Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Hasil Belajar, Media Puzzle, Siswa Sekolah DasarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Media pembelajaran masih jarang digunakan oleh guru. Guru masih kesulitan untuk mengembangkan media sesuai dengan tuntunan abad 21, dimana guru dan siswa dituntut untuk mempunyai kemampuan tersebut. Selain itu penelitian ini didasari karena kurangnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media puzzle. Penelitian ini dilakukan pada kelas I di SDN 45 Ampenan. Hasil penelitian yang menggunakan II siklus pada pembelajaran Matematika yakni materi penjumlahan dan pengurangan dengan melihat rendahnya nilai ulangan peserta didik. Oleh karen itu, pada siklus I dengan hasil 10 dari 27 peserta didik memperoleh ketuntasan nilai KKM, sedangkan pada pembelajaran siklus II mendapatkan hasil 20 dari 27 peserta didik memperoleh nilai diatas KKM, sehingga hasil pembelajaran dengan penerapan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas I SDN 45 Ampenan telah tercapai.
References
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal eksakta, 2(1), 34–40.
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Penerapan Model Stad ( Student Team Achievement Division ) Berbantuan Media Puzzle. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 29-30.
Bopo, G., Ngura, E. T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480.
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Habibah, U., Santika, R., Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa sd dalam pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 1-6.
Indrawati, A., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Matematika Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 153-161. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5194
Kasri, K. (2018) Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Media Puzzle Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan:Penelitian dan Konseptual, 2 (3), 320-325.
Lestari, W. L., & Salsabila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo. NER, 1 (1), 7–14.
Meinisa, A., & Wasitohadi (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Puzzle di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2 (1), 27–37.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 3 (1), 171–187.
Oktaviani, D. T., Intiana, S. R. H., & Hakim, M. (2023). Pengembangan Media Puzzle Kalimat Berbahan Dasar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 300-305. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4315
Pangastuti, R. (2019). Media Puzzle untuk Mengenal Bentuk Geometri. JECED, 1(1), 50–59.
Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. 289-302.
Ramadhania, S., & Yamin, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas II. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960-965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3042
Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205. http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
Author Biographies
Dinda Sekar Kinasih, Universitas Mataram
Baiq Peberwanti, Universitas Mataram
Baiq Siti Munawarah, Universitas Mataram
Bella Trisani, Universitas Mataram
Atika Rizki Amaliah, Universitas Mataram
Haifaturrahmah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Dinda Sekar Kinasih, Baiq Peberwanti, Baiq Siti Munawarah, Bella Trisani, Atika Rizki Amaliah, Haifaturrahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).