Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik

Authors

asib hani , Ida Ermiana , Asri Fauzi

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7823

Published:

2024-06-05

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

CTL, Pemahaman Konsep, Video Animasi

Articles

Downloads

How to Cite

hani, asib, Ida Ermiana, & Asri Fauzi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 433–441. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7823

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pemahaman konsep matematika umumnya tergolong masih rendah. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum bervariasi dan masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas III SDN 34 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Quasi-eksperimental design. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau sampling jenuh yaitu sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes, instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar soal tes pemahaman konsep dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas, setelah dilakukan uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test pada data pemahaman konsep matematika dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil thitung dan ttabel sebesar 6,843 ≥ 1,68385 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan model contekstual teaching and learning (CTL) berbantuan video animasi memberikan pengaruh terhadap

References

Afandi, I. A., Wahyuningsih, E. D., & Rokhman, M. S. (2021). Pengaruh Video Animasi pada Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 211-216.

Afifah, U. N. (2021). Media Pembelajaran Maharah Istima’Berbasis Video Animasi Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 5, pp. 181-188).

Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran video animasi dua dimensi situs Pekauman di Bondowoso dengan model ADDIE mata pelajaran Sejarah kelas X IPS. Jurnal edukasi, 5(1), 19-23.

Anggraini, V. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Muatan Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 10(2), 54-62.

Ermiana, I., Rosyidah, ANK, Fauzi, A., & Hidayati, VR (2022). Efektivitas Flipped Classroom Berbasis Web Ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan , 11 (1), 65-75.

Fajri, M. (2017). Kemampuan berpikir matematis dalam konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Lemma, 3(2), 1-3.

Hasudungan, A. N. (2022). Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan. Jurnal DinamikA, 3(2), 112-126.

Jayeswari, M., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Keruak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 687-695.

Kamalia, A., & Rahmadhar, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 362-371.

Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis), Jurnal

Ilmu Pendidikan Matematika, 1(1), 13-25.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122.

Murwanti, S. (2023). Penerapan Metode Diskusi Melalui Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tentang Sistem Hukum dan Peradilan di Indonesia. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 210-219.

Prasetia, F. (2016). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 257-266.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60-68..

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi himpunan berbantu video pembelajaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1). 67-77.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). 17-23.

Sari, F. R. (2018). Penerapan pembelajaran example non example berbantu video animasi matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. EKUIVALEN- Pendidikan Matematika, 31(1). 1-3.

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50.

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117-3124.

Sugiyono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) Berbantu media miniatur lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 73-84.

Yolanda, S. E., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan video kontekstual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 341.

Yuliana, D., & Widyasari, N. (2022). Model CTL dan Online Learning: Dapatkan Berdampak Bagi Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 303-315.

Author Biography

asib hani, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 asib hani, Ida Ermiana, Asri Fauzi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).