Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Biopreneurship Terhadap Sikap Ilmiah Dan Minat Wirausaha Pada Siswa

Authors

Arni Safitri Arni Safitri , A. Wahab Jufri , Imam Bachtiar

Published:

2024-08-29

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Biopreneurship, Minat Wirausaha, Project Based Learning, Sikap Ilmiah

Articles

How to Cite

Arni Safitri, A. S., Jufri, A. W., & Bachtiar, I. (2024). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Biopreneurship Terhadap Sikap Ilmiah Dan Minat Wirausaha Pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3). Retrieved from https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/7854

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran project based learning berbasis biopreneurship terhadap sikap ilmiah dan minat wirausaha pada siswa kelas X di Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA Putri Pondok Pesantren MA NW Narmada berjumlah 185 siswa yang tersebar dalam 8 kelas yaitu kelas IPA A sampai IPA H. Sampel pada penelitian ini ada dua kelas dengan jumlah 41 orang,  kelas IPA G sebagai kelas kontrol dengan 19 siswa dan kelas IPA F dengan kelas eksperimen ada 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket sikap ilmiah dan minat wirausaha. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran project based learning berbasis biopreneurship terhadap sikap ilmiah, dan memiliki nilai N-gain di kelas eksperimen 0,07>0,05 pada kelas kontrol. Sedangkan minat wirausaha, dengan nilai N-gain di kelas eksperimen 0,15>0,11 pada kelas kontrol pada siswa dalam pembelajaran biologi kelas X IPA MA Nurul Haramain NW.

References

Alawiyah, M., Sudarti., & Prihandono, T. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pemanfaatan Barang Bekas Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di MTs Kecamatan Jenggawah. Jurnal Edukasi, 2(1), 37-40.

https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUK/article/View/13605

Afwan, B., Vahlia, I., & Sholiha, S. (2022). Analisis

Kebutuhan Pembelajaran Kewirausahaan Di Era Abad 21. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 24-33.

https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/58

Astawa, I. M. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2015).

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah dan Konsep Diri Siswa SMP. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA, 5(2), 1-11.

https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1510

Aqil, D. I., Hudaya, A., & Wulansari, L. (2020). Inovasi

Pembelajaran Melalui Biopreneurship Untuk

Meningkatkan Minat Wirausaha Siswa Madrasah

Aliyah Berbasis Sekolah Berasrama. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran (EduLearn), 14(1),

-54.

http://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/article/view/13605

Aqil, D.I., Hudaya, A., & Setiawan, N. A. (2021).

Pengembangan Modul Bioteknologi Berorientasi Kewirausahaan Guna Meningkatkan Minat Enterpreuner Siswa SMA/MA. Edusains, 13(1), 15-24.

https://www.academia.edu/download/95234056/pdf.pdf

Damayanti, J., & Ratnasari, E. (2021). Profil Dan Validitas

Lembar Kegiatan Peserta Didik – Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Bioentrepreneurship Untuk Melatihkan Keterampilan Berwirausaha Dalam Era Industri. BioEdu, 10 (3), 530-540.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38546

Hayati, N., & Harmoko, H. (2023). Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bioentrepreneurship. Jurnal Binomial, 6(1), 1-11.

http://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/binomial/article/view/1722

Handayani, F., Setiadi, D., Artayasa, IP, & Jufri, AW.

(2023). Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2235-2240.

http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jip /article/view/1711

Hudaya, A., Aqil, D. I., & Masri, Z. A. H. (2020).

Pemberdayaan Remaja Pesantren Melalui Biopreneurship Pembuatan Nugget Tempe Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 36-44.

https://www.academia.edu/download/95234060/pdf.pdf

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019).

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 2(2), 183-193.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/19186

Prihatiningrum, P., Susilowati, U. K. M., & Prasetyo, A. P .B. (2019). Pengaruh Bioenterpreneurship terhadap prestasi belajar biologi, kreativitas, dan minat berwirausaha, Jurnal Pendidikan Sains Inovatif, 9(3), 250-259.

https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/35383

Rafik, M., Febrianti, V. P., Nurhasanah, A., & Siti, N,M.

(2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif. 5(1), 80 – 85.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/26342

Sudewi, I. G., Suharsono, N., & Kirna, I.M. (2013).

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Multimedia 3 SMK Negeri I Sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 1-11.

https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/1038

Sumarmi., Arif, B., & Achmad, A. (2015). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. 20(1), 48-58.

https://scholar.google.com/citations?user=eA9QuTQAAAAJ&hl=id&oi=sra

Supandi, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis

Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Sekolah SMK Bina Nusa Mandiri Ciracas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 134-141.

http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/6077

Ulfa, S.W. (2018). Mentradisikan Sikap Ilmiah Dalam

Pembelajaran Biologi. Jurnal Biolokus, 1(1), 1-7.

https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/biolokus/article/view/314

Utami, W., & Isnawati, I. (2018). Pengembangan Lembar

Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Bioentrepreneurship Budidaya Jamur Kayu Untuk Melatihkan Kecakapan Hidup Materi Jamur Peserta Didik Kelas X. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 223-229.

https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/28774

Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA Berbasis

Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 176-183.

https://www.neliti.com/publications/120782/pengembangan-lkpd-ipa-berbasis-keterampilan-proses-untuk-meningkatkan-sikap-ilmi

Yustina, E. S., & Wahyuni, S. (2015). Penggunaan Model

Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengetahui Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Biogenesis, 12(1), 33-38.

https://www.academia.edu/download/99729893/4802.pdf

Author Biographies

Arni Safitri Arni Safitri, Mataram University

A. Wahab Jufri, Universitas Mataram

Imam Bachtiar, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Arni Safitri Arni Safitri, A. Wahab Jufri, Imam Bachtiar

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).