LKPD Etnomatematika Berbasis Problem Solving pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas IX

Authors

Tika Puspa Sari , Nyoman Sridana , Dwi Novitasari , Sudi Prayitno

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.7857

Published:

2024-06-05

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Etnomatematika, efektif, poblem solving, LKPD

Articles

Downloads

How to Cite

Puspa Sari, T., Sridana, N., Novitasari, D., & Prayitno, S. (2024). LKPD Etnomatematika Berbasis Problem Solving pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas IX . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 425–432. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7857

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Matematika memegang peranan penting dalam pendidikan. Namun, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika karena dianggap sulit, abstrak, dan tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari akibatnya kemampuan problem solving peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan problem solving pada materi transformasi geometri untuk peserta didik kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan  atau research and development (R&D) menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap pendefinisan (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-2 SMP sebanyak 32 orang. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Kevalidan LKPD dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli. Rumus yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD etnomatematika berbasis problem solving yaitu CVR dan CVI Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa LKPD etnomatematika berbasis problem solving: (1) Valid dengan nilai CVI sebesar 0,86 dengan kategori cukup layak, (2) Efektif dengan persentase ketuntasan peserta didik yaitu 84,375%, dan (3) Praktis dengan persentase skor rata-rata hasil angket respon guru dan peserta didik  95,25% dengan kategori sangat praktis. Hal ini menyimpulkan bahwa LKPD etnomatematika berbasis problem solving memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan problem solving.  

References

Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan kemampuan memecahkan masalah melalui lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis masalah. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 58-66. DOI: https://doi.org/10.33369/diklabio.2.2.58-66

Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. DOI: https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.8343

Fauzi, A., & Lu'luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-419. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Fikjayanti, M., Sridana, N., Kurniawan, E., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Pada Siswa Kelas IX SMPN 6 Mataram TA 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 347-356. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.315

Gilbert, G. E., & Prion, S. (2016). Making sense of methods and measurement: Lawshe's content validity index. Clinical Simulation in Nursing, 12(12), 530-531. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.08.002

Hairani, G. R. ., Safruddin, & Setiawan, H. . (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 142–148. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1805

Kurniawati, N., Prayitno, S., & Hayati, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif Siswa MTs. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 493-503. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.176

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x

Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98-109. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877

Ma'wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631-640. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114

Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geometri berbasis etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105-111. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Nasyiwa, A., & Hikmah, N. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika High Order Thinking Skills Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Pola Bilangan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 449-460. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.169

Nisa, K., Sridana, N., Salsabila, N. H., & Hayati, L. (2023). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Kemampuan Awal Matematis . Journal of Classroom Action Research, 5(3), 17–24. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.4884

Novitasari, D., Sridana, N., & Tyaningsih, R. Y. (2022). Eksplorasi etnomatematika dalam alat musik gendang beleq suku sasak. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(1), 16-27. DOI: https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i1.7970

Nurhasanah, N., Hayati, L. ., Salsabila, N. H. ., & Amrullah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Journal of Classroom Action Research, 5(4), 260–266. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5642

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat self-confidance peserta didik kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212-223. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.33

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal cendekia: jurnal pendidikan matematika, 4(2), 645-656. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). DOI: https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Hipotenusa, 1(2), 38-45. DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.

Ulantina, Y. A., Sridana, N., Lu’luilmaknun, U., & Soepriyanto, H. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis Budaya Lokal dalam Materi Himpunan Kelas VII di SMPN 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2302-2307. DOI: 10.29303/jipp.v8i4.1782

Wati, B. D. M., Sarjana, K., Novitasari, D., & Hikmah, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 214-233. DOI: https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.300

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157-170. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884

Author Biographies

Tika Puspa Sari, Universitas Mataram

Nyoman Sridana, Universitas Mataram

Sudi Prayitno, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Tika Puspa Sari, Nyoman Sridana, Dwi Novitasari, Sudi Prayitno

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).