Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8043Published:
2024-07-12Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Pelajaran Biologi, Problem Based Learning.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Model Problem Based Learning adalah konsep pembelajaran yang membantu guru menciptakan lingkungan belajar yang dimulai dengan masalah pokok yang relevan bagi siswa dan memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih realistis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning mata pelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir siswa SMAN 1 Narmada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh bahwa kelas XB dan XE kelas eksperimen serta kelas XD dan XF sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah tes tertulis berupa 10 pertanyaan pilihan ganda dan lima esai. Data dianalisis menggunakan Uji t-independent pada taraf signifikansi 5% dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis di kelas eksperimen dan kontrol, pengaruh model PBL terhadap mata pelajaran biologi terhadap siswa berpikir kritis di SMAN 1 Narmada.
References
Angga, A. (2022). Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan 4C Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281-294.
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(3), 422-432. Febrianti, E. S., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe-Group Investigation (GI) Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Kota Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 10-14.
Ekawati, E. (2013). Sugiharto., & Susilowati, E,“Efektivitas metode pembelajaran tgt (team games tournament) yang dilengkapi dengan media power point dan destinasi terhadap prestasi belajar,”. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1).
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 139-145).
Hariyanti, A. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X DPIB 1 DI SMK NEGERI 2 CIAMIS. Diksatrasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1).
Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42-46.
Jannah, R., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119-127.
Makki, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45.
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).
Putri, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS di SMAN 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).
Rahmawati. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 14 (1), 31-38.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.
Royani, I., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 58-65.
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran guru dalam pelaksanaan model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai penguatan keterampilan berpikir kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Yusuf, I. R., & Salsabila, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Ekologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 49-55.
Author Biography
Rosa Nurhidayati, Mataram
License
Copyright (c) 2024 Rosa Nurhidayati, Mahrus, Tri Ayu Lestai
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).