Efektivitas Model Pembelajaran Cinqase Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis

Authors

Johana Aulina Rahmatin , Barinta Nur Respasari , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jcar.v6i2.8222

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024

Keywords:

Efektivitas, Fluida Statis, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Cinqase.

Articles

Downloads

How to Cite

Rahmatin, J. A., Respasari, B. N., & Syukur, A. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Cinqase Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis . Journal of Classroom Action Research, 6(2), 453–461. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.8222

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk mengamati, menganalisis dan mengevaluasi suatu situasi atau permasalahan secara obyektif dan rasional yang penting untuk dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas model pembelajaran Cinqase terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan nilai rata-rata pada tes awal (pretest) kelas eksperimen adalah 65,67, sedangkan pada kelas kontrol adalah 61,25. Pada tes akhir (posttest), nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat menjadi 81,33, sementara kelas kontrol mencapai 67,14. Uji N-gain menunjukkan nilai sebesar 0,73, dan uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi (2-tailed) 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, uji N-Gain, dan uji independent sample t-test, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cinqase efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis di SMAN 2 Mataram. Penelitian ini memberikan manfaat bagi siswa, praktisi pendidikan, dan peneliti pendidikan dengan potensi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, motivasi belajar, hasil belajar, serta pembuatan instrumen penilaian yang lebih baik.

References

Anderson, L. W., Krathwol M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. New York: Longman.

Anggraini, N. P., Budiyono, & Pratiwi, H. (2019). Analysis Of Higher Order Thinking Skills Students at Junior High School in Surakarta. Journal of Physics: Conference Series, 12(1). DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012077

Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 19(1), 21-39.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84-90. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Butler, H. A. (2024). Predicting Everyday Critical Thinking: A Review Of Critical Thinking Assessments. Journal of Intelligence, 12(2), 16. DOI: https://doi.org/10.3390/jintelligence12020016

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2). DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.89

Dewadi, F. M., Bachtiar, E., Alyah, R., Satriawan, D., Annisa, F., Pasaribu, J. S., ... & Rochyani, N. (2023). FISIKA DASAR I.

Dewey, J. (1986). Experience And Education. In The Educational Forum: 50(3), 241-252. DOI: https://doi.org/10.1080/00131728609335764

Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254-259. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v3i3.23281

Hunaidah, M., Susantini, E., & Wasis. (2018). Validitas Model Pembelajaran CINQASE untuk Meningkatkan Keterampilan Individual Critical Thinking (INCT) dan Collaborative Critical Thinking (CCT). Seminar Nasional Fisika 2018 Program Pascasarjana Universitas Makasar, 1(1).

Hunaidah, M., Susantini, E., Wasis, & Mahdiannur, M. (2022). Model Pembelajaran CINQASE (Collaboration in Questioning, Analyzing, Synthesizing, and Evaluating). Surabaya: CV Global Aksara Pers. Surabaya: CV Global Aksara Pers.

Hunaidah, Susantini, E., Wasis, Prahani, B. K., & Mahdiannur, M. A. (2018). Improving Collaborative Critical Thinking Skills Of Physics Education Students Through Implementation Of CINQASE Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1) DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012101

Irfan, M., & Supriyatna, D. (2024). Konsep Dasar Mekanika Fluida. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 11-20. DOI: https://doi.org/10.3785/kohesi.v3i2.2919

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran Ipas Pada Kurukulum Merdeka. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(2), 54-65. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304

McMillan, J. H. (2012). Educational Research: Fundamentals For The Consumer. Boston, MA: Pearson Education.

Nafisah, K., & Muaddab, H. (2023). 29 Model-Model Pembelajaran Merdeka Belajar. Tebuireng Institute.

Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81-92. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792

Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis: Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat, 2(2), 164-173. DOI: https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v2i2.319

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87-94. DOI: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi Konsep Literasi Vokasional untuk Mengembangkan Berpikir Kritis pada Siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 817-826. DOI: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.859

Rende, J., & Tulandi, D. A. (2022). Implementasi pembelajaran eksploratif tentang konsep dan proses fisika pada dinamika fenomena alam Danau Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 107-114. DOI: https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i2.200

Rohman, A. (2021). Buku Ajar Fluida Berbasis Creative Responsibility. Penerbit NEM.

Suen, L. W., Huang, H., & Lee, H. (2014). A Comparison Of Convenience Sampling And Purposive Sampling. Hu Li Za Zhi, 61(3), 105-11. Retrieved from https://www.proquest.com/scholarly-journals/comparison-convenience-sampling-purposive/docview/1537381331/se-2

Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2016). Tindak Guru Fisika Dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sawan. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 10(1), 49-59.

Sulianto, J., & Cintang., A. (2018). Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Pilot Project Kurikulum 2013 Di Kota Semarang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Szyjka, S. (2012). Understanding Research Paradigms: Trends In Science Education Research. Problems Of Education In The 21st Century, 43, 110-118. DOI: https://doi.org/10.23887/wms.v10i1.12657

Wahyuni, Y. (2018). Higher Order Thinking Skill Instrument Design Of Student Based On Bloom’s Taxonomy. American Journal of Engineering Research, 7(8), 85.

Wardaningsih, R. S., & Supriyatman, S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis Menggunakan Ranking Task Exercise. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 9(1), 131-135.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Wulandary, K. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Multiliterasi (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Invinity Journal, 5(1). DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.193

License

Copyright (c) 2024 Johana Aulina Rahmatin, Barinta Nur Respasari, Abdul Syukur

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).