Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.8223Published:
2024-05-29Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penguasaan konsep adalah kemampuan individu untuk memahami, mengintegrasikan, dan menerapkan konsep-konsep utama dalam suatu bidang pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidak model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa di SMAN 1 Suralaga. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental, penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Suralaga yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen tes penguasaan konsep yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda sehingga diperoleh tes objektif sebanyak 20 butir soal. Hasil analisis data pretest penguasaan konsep siswa tidak jauh berbeda sebelum diberikan perlakuan. Nilai rata-rata posttest penguasaan konsep kelas eksperimen meningkat yaitu 81,69 dan kelas kontrol yaitu 72,65 setelah diberikan perlakuan. Selain itu, uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum uji hipotesis dengan menggunakan t-test separated varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,34 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,00. Penelitian ini memberikan manfaat bagi siswa untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.
License
Copyright (c) 2024 Parni Hidayati, Leza Puastri Putri, Alfiana Chanda Dewi, Abdul Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).