Perbedaan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Berbasis Android Dengan Media Video Pembelajaran
DOI:
10.29303/jcar.v6i2.8251Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2024): Mei 2024Keywords:
Hasil Belajar, Media Pembelajaran 3D, Video Pembelajaran.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi menggunakan media pembelajaran tiga dimensi berbasis android dengan media video pembelajaran pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Aikmel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment, penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Aikmel yang memprogramkan mata pelajaran biologi. Kelas XI yang memprogramkan mata pelajaran biologi terdiri atas kelas XI F1,kelas XI F2, kelas XI F3 dan kelas XI F6. Masing-masing kelas terdiri dari 36 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI FI sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI F2 sebagai kelas eksperimen 2. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda pada materi system pencernaan pada manusia yang telah diuji validasi dan reliabilitas. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 yaitu 52,3 dan kelas ekperimen 2 yaitu 61,7. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05. Kesimpulan uji hipotesis adalah terdapat perbedaan hasil belajar biologi menggunakan media pembelajaran 3D berbasi android dengan media video pembelajaran pada peserta didik kelas XI di SMAN 1 Aikmel.
References
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54-72.
Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38-47.
Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47.
Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Digital Assemblr Edu pada Mata Pelajaran Matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109.
Elci, T, N., Bare, Y., & Mago, O, Y, T, (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), 54-62.
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management System berbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Hadiprayitno, G., Kusmiyati, K., Lestari, A., Lukitasari, M., & Sukri, A. (2021). Blended Learning Station-Rotation Model: Does It Impact On Preservice Teachers’ Scientific Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 317-324.
Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria Pemilihan dan Prinsip Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK Sesuai Kebutuhan Peserta Didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412-420.
Mulyani. A. (2017.) Penguasaan Mahasiswa Calon Guru Biologi terhadap Representasi Visual dalam Botani Phanerogamae. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6 (1). 15–21
Nastiti, F., E., & Aghni, R., N., A. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(1), 118-139.
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346-354.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 2009-2018.
Rahmawati, N. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Model Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Organisasi Kehidupan. Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing.
Rohmatullah, G., Siregar, N, F., Riandi., & Widodo, A., (2022). Inovasi Media Pembelajaran 3 Dimensi Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 139-146.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369-377.
Sari, E., Sumarno, S., & Putri, A. D. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 150-157.
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298.
Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26-32.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Author Biographies
Sri Ningsih, Universitas Mataram
Gito Hadiprayitno, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Sri Ningsih, Agus Ramdani, Gito Hadiprayitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).