Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card

Authors

Iis Eka Ramadha , Anggun Zuhaida

DOI:

10.29303/jcar.v3i2.834

Published:

2021-08-31

Issue:

Vol. 3 No. 2 (2021)

Keywords:

Probelem Based Learning, Media Flash Card, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Ramadha, I. E., & Zuhaida, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flash Card. Journal of Classroom Action Research, 3(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.834

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan media flash card pada materi zat aditif dan adiktif siswa kelas VIII di SMP IT Assalam Bandungan tahun pelajaran 2020/2021.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses kegiatan pembelajaran. Pada siklus I diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,70 dan ketuntasan klasikal sebesar 58%, 14 siswa dinyatakan tuntas dan 10 siswa dinyatakan tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,58 dan ketuntasan klasikal sebesar 92%, 22 siswa dinyatakan tuntas dan 2 siswa dinyatakan tidak tuntas. sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaakan model pembelajaran problem based learning dengan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Probelem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB dan TK. Bandung: CV Yrama Widyas

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, S.B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hayat, B., dan Yusuf, S. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hutauruk, P., dan Rinci, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajar IPA Kelas IV SD Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal), 8 (2)

Nuha, U. (2016). Ragam Metedologi dan Media pembelajaran Bahasa Arab Yogjakarta: Diva press

Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan,1 (1).

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar

Ridwan, S.A. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widi, A.W., dan Eka, S. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widodo, L.W. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Domomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17 (49)

Wijayanti, Y.A. (2015). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Beljar siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 SeyenganTahun Ajaran 2013/2014 dengan Menggunakan Model Cooperatife Learning Tipe Think-Pair-Share pada Pokok Bahsan Sistem Peredaran Darah Manusia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Author Biographies

Iis Eka Ramadha, Tadris IPA, IAIN Salatiga

Anggun Zuhaida, Tadris IPA, IAIN Salatiga

License

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).