Kolaborasi Model OLO (Olympiad-Oriented) Task dengan Media YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

Ardarila Tansuri , Sukardi , Ananda Wahidah

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8394

Published:

2024-08-13

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Berpikir Kritis, Media YouTube, Model OLO Task

Articles

Downloads

How to Cite

Tansuri, A., Sukardi, S., & Ananda Wahidah. (2024). Kolaborasi Model OLO (Olympiad-Oriented) Task dengan Media YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–558. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8394

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Kemampuan berpikir kritis yang rendah terus menjadi permasalahan pembelajaran sehingga diperlukan suatu model yang cocok. Model pembelajaran yang digunakan yaitu OLO (Olympiad-Oriented) Task, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk memahami model pembelajaran OLO (Olympiad-Oriented) Task yang dikolaborasikan dengan media YouTube mempengaruhi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS lebih tepatnya Sosiologi. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen yang berbentuk Pre-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan the one grup Pretest Posttest. Instrumen pengumpulan data telah melalui tinjauan deskriptif yang telah lolos uji validasi dan reliabel. Uji hipotesis dan seluruh data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 25.0 untuk perangkat Windows. Pada hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran OLO Task yang dikolaborasikan dengan media YouTube memberikan pengaruh terhadap berpikir kritis siswa dengan pengaruh efektivitas sebesar 59%, dengan mean post-test (75,96) lebih tinggi dibandingkan pre-test (41.29) berarti (75.96) > (41.29). Hal ini meningkat karena Tugas OLO berkonstribusi dalam pemecahan masalah bertahap dari menganalisisi-menciptakan (C4-C6), sehingga siswa didorong untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan memecahkan pertanyaan baik secara individu, berpasangan maupun kelompok.

References

Ansori, M., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2022). Pengaruh Konsentrasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Media Video Youtube. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 2. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3565956

Apriyanto, B., Ikhsan, F. A., Nurdin, E. A., & Kurnianto, F. A. (2018). The Effect of Learning Cooperative Model Jigsaw on Geographic Learning Result. Geosfera indonesia, 2(1), 75-82. https://dx.doi.org/10.19184/geosi.v2i1.7527

Aprianingsih, A., Ermiana, I., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 118-12 https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.51534 .

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Rahmayanti, B. F., & Andayani, Y. (2023). Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 293-299. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.4614

Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 6(1), 1-9. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.36600

Desmawati. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif, terhadap. Desimal: Jurnal Matematika. 1(1), 65–71. http://dx.doi.org/10.24042/djm.v1i1.1918

Dewi, N. W. A., Suryanti, N. M. N., & Nursaptini, N. (2023). PerlakuanStrategi Pembelajaran REACT Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Lingsar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 868–871.

Facione, P. A. (1992). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.

Fitria, F., Sukardi, S., & Handayani, N. (2023). Efektivitas Model Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Profesi Pendidikan, 8(1), 101-111. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1159

Hadi, D. I., & Junaidi, J. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui PerlakuanModel Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Pariaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 22.

Hasnawati, N., Sukardi, S., Nursaptini, N. (2023). The Effect Of The ARIAS Learning Model Assisted By Google Classroom Media On Students’ Critical Thinking Skills In Sociology Subjects. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 11(1). http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v11i1.58232

Khairna, VP, Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7 (2), 157-167. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6002

Magfirah, AD, Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, NMN (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Kahoot Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (2), 4936-4948. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9595

Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1-8.

Maulana, I. (2022). Pengaruh Model PBL Sisw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA a SMK Merah Putih School Metro. Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 17-22. https://ojs.smkmerahputih.com/index.php/juperan/article/view/9

Murni, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 57-62. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.406

Nofrion. (2018). Panduan Praktis Model Pembelajaran EXO OLO TASK. https://doi.org/10.31227/osf.io/wh2mp

Nofrion, N., Ananda, A., Anwar, S., Hasan, H., & Furqon, I. (2018). Effectiveness of EXO OLO TASK Learning Model Based on Lesson Study in Geography Learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 145(1). 10.1088/1755-1315/145/1/012038

Suasti, Y., Wijayanto, B., & Novio, R. (2019, June). EXO OLO Task: the development of higher order thinking skills through learning activities management in geography learning. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 286, No. 1, p. 012006). IOP Publishing. doi:10.1088/1755-1315/286/1/012006

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning activities in higher order thinking skill (HOTS) oriented learning context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122-130. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.8126

Nubhan, A., Sukardi, S., & Nursaptini, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Connecting, Organizizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan Edmono Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Teknologi Pendidikan:Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7 (2), 147-156. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6022

Nurwahidah, C. D. , Z. Z. , & S. I. (2021). Media YouTube pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Peranginangin, S. M. Y., Mashuri, K., & Siregar, Z. (2024). Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Sosiologi yang Merangsang Minat Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bahorok, Kabupaten Langkat. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 176–184. https://doi.org/10.30743/mkd.v8i1.8864

Rahman, N., & Suasti, E. (2022). Exo Olo Task Learning Model with Case Method To Improve Students’ HOTS on the Distribution of Flora and Fauna. International Journal of Educational Dynamics, 4(2), 66-71.

Rizqiyah, S., Astutik, S., Apriyanto, B., Pangastuti, E. I., & Nurdin, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.36600

Saputra, A. R., & Rahmat, T. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dengan Model Pembelajaran EXO OLO TASK. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 1(1), 61-80.

Soima, Y I., Surur, M., Yesi Puspitasari, dan, PGRI Situbondo, S., Kunci, K., Based Learning, P., Berpikir Kritis, K., & Tindakan Kelas, P. (2021). Perlakuan Pbl (Problem Based Learning) Yang dikolaborasikan dengan Media YouTube Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Di Ma Sarji Ar-Rasyid. Jurnal Visipena, 12(1), 139. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1459

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

Author Biographies

Ardarila Tansuri, Universitas Mataram

Sukardi, Universitas Mataram

Ananda Wahidah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Ardarila Tansuri, Sukardi, Ananda Wahidah

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).