Merdeka Belajar: Pengaruh Implementasi Pembelajaran P5 Terhadap Sikap Mandiri Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8405Published:
2024-08-15Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Kurikulum Merdeka Belajar, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Sikap Mandiri.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui keterlaksanaan Merdeka Belajar: Pembelajaran P5 Terhadap Sikap Mandiri Siswa di Mataram. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian sebanyak 329. siswa, teknik penetuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel yang didapat sebanyak 180. Metode pengambilan sampel yaitu simple random sampling., Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Sebelum instrumen disebarkan, terlebih dahulu dilakukan uji coba kepada 35 siswa. Untuk menguji validitas instrument menggunakan korelasi product moment dan rumus Cronbach’s alpha untuk menguji reliabilitas lalu diperoleh hasil sebesar 0,860. Uji persyaratan terdiri dari uji normalitas dan linearitas. Penghitungan hipotesis menggunakan analisis korelasi dan simple linier regression yang dihitung menggunakan SPSS versi 27' windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi antara variabel merdeka belajar: pembelajaran P5 (x) dan sikap mandiri (y) karena uji hipotesis analisis korelasi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Sedangkan untuk uji hipotesis simple linier regression diperoleh perhitungan thitung 4,453 > ttabel 1653. Hasil uji regresi linier sederhana terdapat pengaruh merdeka belajar: pembelajaran P5 terhadap sikap mandiri siswa, dengan variabel yang dipengaruhi sebesar 10,0%.
References
Agustina, R., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 73–80.
Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.646
Almarisi, A. (2023). Kelebihan Dan Kekurangan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Dalam Perspektif Historis. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Arung, F., Murthado, F., & Boeriswati, E. (2023). Merdeka Belajar: The Real Learning Needs Of Students, Teachers, And Institutions Related To Demands For Independent Learning Innovation. Indonesian Journal On Learning And Advanced Education (Ijolae), 5(2), 120–135. https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i2.20370
Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme Dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 796-803. 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5321
Banat, A., & Martiani, M. (2020). Kemandirian belajar mahasiswa penjas menggunakan media google classroom melalui hybrid learning pada pembelajaran profesi pendidikan di masa pandemic covid-19. Jurnal teknologi pendidikan, 13(2), 119-125.
Daffa’Almadani, M., & Rochmawati, R. (2024). Pengaruh Asesmen Formatif, Gaya Belajar, Kurikulum Merdeka, P5 Terhadap Hasil Belajar Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi, 12(1).
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7 (1), 10–17. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Hidayati, V. R., Jufri, A. W, & Sukardi. (2024). Pelatihan Implementasi Strategi Pembelajaran Numerasi Di Sdn 14 Cakranegara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 4(1), 15-21. https://doi.org/10.29303/interaktif.v4i1.141
Hidayati, V. R., Jufri, A. W., Sukardi, S., & Amrullah, A. (2023). Pelatihan Pembimbingan Plp/Am Untuk Penguatan Pembelajaran Numerasi Bagi Guru Sekolah Dasar. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(4), 2699-2705. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i4.19672
Hsin, C. T., & Wu, H. K. (2023). Implementing a Project-Based Learning Module in Urban and Indigenous Areas to Promote Young Children’s Scientific Practices. Research in Science Education, 53(1), 37–57
Jannah, M., & Ziaulhaq, M. (2024). Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam Pengalaman Belajar IPS. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 104-113. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6983
Jannah, W. M., Sarjana, K., & Prayitno, S. (2023). Pengaruh Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 277-283. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5816
J., Jufri, W., Setiadi, D., Sukardi, S., Gunawan, G., & Setiawan, H. (2021). Workshop Teknik Pembimbingan Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru- Pamong Dalam Mendukung Merdeka Belajar. Jurnal Pepadu, 2(3), 329–336.
Kamarullah, H., Marganingsih, A., & Thoharudin, M. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Man 1 Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 219-228. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3358
Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai implementasi kurikulum merdeka: Faktor penghambat dan upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(2), 176-187.
Mukin, A. F., Girsang, Y. S. M., & Maharani, S. D. A. (2024). Pengaruh P5 Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik Di SMPK Celaket 21. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi, 2(1), 75-90. https://doi.org/10.59581/jpat-widyakarya.v2i1.2078
Novalina, D., Sitika, A. J., & Nurhasan, N. (2023). Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smpn 1 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 99-113. https://doi.org/10.32478/piwulang.v6i1.1745
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Zulela Ms, Z. M. (2023). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Tehadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Perbandingan Kurikulum 2013. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), 341–346. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4590
Panginan, V. R., & Susianti, S. (2022). Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal PGS Universitas Lamappapoleonro , 1(1), 9-16. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.7
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238-244. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30. http://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Rahmah, I. Z., Burhan., & Dipalaya, T. (2023). Pengaruh Kurikulum Merdeka Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di UPT SPF SD Negeri Bontoramba Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).
Rustamovna, R. B., & Obloberdiyevna, D. S. (2023). Motivation as a Determining Factor in Promoting Student Independence. Best Journal of Innovation in Science, Research and Development, 2(2), 140-144.
Saputra, T. E., Barmawi, M., Ermawati, E., & Sadiyah, N. (2016). Korelasi dan analisis lintas komponen komponen hasil kedelai famili F6 hasil persilangan Wilis X B3570. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 16(1). https://doi.org/10.25181/jppt.v16i1.76
Simorangkir, H. U., Lase, S., Gultom, R., Naibaho, P., & Napitupulu, T. M. (2024). Pengaruh Merdeka Belajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Perkerti Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Tanjungan Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(2), 50-65. https://doi.org/10.61132/jbpakk.v2i2.280
Sopiana, S., Sukardi, S., & Wahidah, A. (2023). Pandemi Covid-19: Dilema Produktivitas Kerja Guru Sma Saat Work From Home (Wfh). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 417–423. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1195
Sukardi, S. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Praktik Kewirausahaan Berbasis Digital Masa Pandemi Covid 19. Manazhim Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 549–569. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i1.3089
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatakan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Zuwandi, M. I., Prayitno, S., & Hikmah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Website untuk Meningkatkan Minat dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Mataram. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 331-339. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5585
Author Biographies
Adri Andini, Universitas Mataram
sukardi sukardi, Universitas Mataram
Ananda Wahidah, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Adri Andini, sukardi sukardi, Ananda Wahidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).