Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa

Authors

Dea Nirmala Fitri , Dadi Setiadi , Anindita S.H.M. Kusuma , I Wayan Merta

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8416

Published:

2024-07-22

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Computational Thinking, Model Problem Based Learning, Media Animasi

Articles

Downloads

How to Cite

Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531–536. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8416

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Problem based learning merupakan sebuah rancangan pembelajaran dengan kerangka konseptual yang dapat menuntun ketercapainya tujuan pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Problem based learning  akan menjadi lebih efektif ketika dipadukan dengan media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media animasi terhadap computational thinking siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Praya Barat. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu eksperimen semu dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling berdasarkan hasil uji kesetaraan sehingga diproleh kelas XI.1 sebagai kontrol dan kelas XI.2 dijadikan sebagai kelas kelas eksperimen. Kemampuan computational thinking siswa di ukur dengan menggunakan soal essay. Data dianalisis menggunakan statistik non parametrik yaitu menggunakan uji Anakova dengan bantuan aplikasi SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan nilai uji hipotesis sebesar 0.00 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning berbantuan media animasi terhadap computational thinking siswa SMAN 1 Praya Barat.

References

Azizah, N. I., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Proses Berpikir Komputasi Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret. Jurnal Analisa, 8 (1), 21-35. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17917

Azizah, N., Setiadi, D., Lestari, T. A., & Jufri, A. W. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Smart Apps Creator Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 371-377. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7711

Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research, 5(4), 449-453. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5537

Daniati, N.T. (2020). Video Refrensi Sebagai Solusi Animasi Pembelajaran 3D Di Tengah Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.128

Dewi, J. P., Lyesmaya, D., & Maulana, L. H. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan erpikir Komputasi Pada Materi Pengukuran Kelas IV. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3275-3285. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12678

Elvira, F. S., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran , 4 (3), 511-521. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.25502

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Hasanah, U., & Haryadi, H. (2022). Pendampingan Mahasiswa dalam Berpikir Secara Komputasi (Computational Thinking). Abdinesia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-14.

Ifriliya, L. (2022). Potensi Implementasi Computational Thinking pada Pembelajaran Fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 11(3), 1-14. https://doi.org/10.15294/upej.v11i3.59969

Kilbane, C. R., & Milman, N. B. (2013). Teaching models: Designing instruction for 21st century learners. Pearson Higher Ed.

Lubis, N. S., & Nasution, M. I. P. (2023). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Dampaknya Pada Masyarakat. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(12), 41-50. https://doi.org/10.3785/kohesi.v1i12.1311

Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4127

Mauliani, A. (2020). Peran Penting Computational Thinking terhadap Masa Depan Bangsa Indonesia. Jurnal Informatika dan Bisnis , 9 (2).

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nasral, N., & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672-683. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2963

Nurfitriyani., Makki, M., & Husniati (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1884

Pratiwi, G. L., & Akbar, B. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Computational Thinking Matematis Siswa Kelas IV SDN Kebon Bawang 03 Jakarta. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 375-385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Sartina, D., Maylani, S., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Pemikiran Komputasi Dalam Pembelajaran Proyek Topik Energi Alternatif Kelas III Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 294-304. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2773

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learnig Berbantuan Mind Mapping. Jurnal Prisma, 9(2), 128-135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Setiawati, L. (2016). Penerapan Media Animasi Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Ciledug 2 Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v16i1.2487

Syamsidah, S., & Hamidah Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Syarifuddin, M., Risa, D. F., Hanifah, A. I., & Ir Nurussa’adah, M. T. (2019). Experiment Computational Thinking: Upaya Meningkatkan Kualitas Problem Solving Anak Melalui Permainan GORLIDS. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(6), 807-822.

Umar, U. (2018). Learning Classroom Environment (LCE) and Smart Learning Environments (SLEs) Urgensi, Adaptasi dalam Penciptaan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Al-Qalam, 10(2), 1–12.

Wuryati, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Moivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

Zakaria, N. I., & Iksan, Z. H. (2020). Computational Thinking Among High School Students. Universal Journal Of Educational Research, 8(11). 10.13189/ujer.2020.082102

Author Biographies

Dea Nirmala Fitri, Universitas Mataram

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

Anindita S.H.M. Kusuma, Universitas Mataram

I Wayan Merta, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Dea Nirmala Fitri, Dadi Setiadi, Anindita S.H.M. Kusuma, I Wayan Merta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).