Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa

Authors

Nurul Alis Azkia , Dadi Setiadi , A Wahab Jufri , AA Sukarso

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8443

Published:

2024-07-22

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Computational Thinking, Liveworksheet, Problem-Based Learning

Articles

Downloads

How to Cite

Azkia, N. A., Setiadi, D., Jufri, A. W., & Sukarso, A. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 524–530. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8443

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Computational thinking merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki oleh siswa. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa computational thinking dalam pembelajaran biologi masih kurang diterapkan. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi guru dalam memilih model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMAN 10 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu  (quasi experimental) dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas X A dan X B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X C dan X D sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian tes berbentuk soal uraian dengan indikator kemampuan computational thinking. Uji prasyarat dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data statistik dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U dengan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05, sehingga menunjukkan adanya pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas X di SMAN 10 Mataram.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (B. Mejia (ed.); 9th ed.). McGraw-Hill.

Bettiza, M., Chahyadi, F., Ritha, N., Rathomi, M. R., & Hayaty, N. (2021). Peningkatan high order thinking skill siswa melalui pendampingan computational thinking. Jurnal Anugerah, 3(1), 25-36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Dewi, J. P., Lyesmaya, D., & Maula, L. H. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir komputasi pada materi pengukuran kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3275-3285. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12678

Fajri, M., & Utomo, E. (2019). Computational thinking, mathematical thinking berorientasi gaya kognitif pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Dinamika Sekolah Dasar, 1(1), 1-18.

Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.

Haqiqi, A. N., & Sabila, N. S. (2021). Keefektifan model problem based learning berbantuan video dalam liveworksheet terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 193-210. Doi: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048.

Jannah, R., Darmiany., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Experiential Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 119-127. Doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.674.

Juldial, T. U. H., & Haryadi, R. (2024). Analisis keterampilan berpikir komputasional dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 136-144.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. Doi: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963.

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web liveworksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. Doi: https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.

Lestari, A. B. (2022). Pengembangan media pembelajaran lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis web liveworksheet di SMAN 5 Metro. In Prosding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 39-50.

Maharani. A. (2020). Computational Thinking dalam pembelajaran matematika menghadapi era Society 5.0, 7(2). Doi: http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i2.3364.

Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan computational thinking berbantuan media geogebra. Journal on Education, 6(1), 7786-7796. Doi: http://jonedu.org/index.php/joe.

Muantini, R. (2022). Penggunaan media google classroom berbantuan liveworksheets untuk meningkatkan hasil belajar IPA Materi Kemagnetan Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Tekonologi, 2(1),16-26.

Nainggolan, O. T. P., & Vill, A. M. (2019). Pembelajaran Musik Kreatif Dalam Sudut Pandang Pembelajaran Abad ke-21. Promusika, 7(2), 85-92.

Noviyanti, N., Yuniarti, Y., & Lestari, T. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 283–293. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2806.

Nur Sa, F., Mania, S., Islam Negeri Alauddin Makassar, U., M Yasin Limpo Nomor, J. H., & Gowa Sulawesi Selatan, S. (2021). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir komputasi siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1). 17-26. Doi: https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.

Nurfitriyanti., Makki, M., & Husniati (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika: Studi Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Classroom Action Research, 4(3), 39-45. Doi: 10.29303/jcar.v4i3.1845.

Pratiwi, G. L., Akbar, B. (2022). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan computational thinking matematis siswa kelas IV SDN kebon sawang 03 jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, 8(1), 375-385. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.302

Putri, N. A., Setiadi, D., & Lestari, T. A. (2024). Pengaruh model problem based learning berbasis pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas XI IPA di SMAN 7 mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 4058–4068. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12889

Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575-590.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPA yang mendukung keterampilan abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). Doi: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.221.

Riyatno, S. D., Dina. M., & Wisnu, J. W. (2023). pengaruh model problem based learning berbantuan liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi sistem ekskresi manusia. Prosiding Sinapmasagi, 3, 107-118.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuh kembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. Jurnal inventa, 2(1), 62-71.

Royani, I., Sripatmi., Novitasari, D., & Kurniati, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 58-65. Doi: https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3900

Selby, C. (2013). Computational Thinking: The Developing Definition. ITiCSE Conference, 5–8.

Supiarmo, M. G., & Susanti, E. (2021). Proses berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Numeracy, 8(1), 58-72. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1378

Taofiq, M., Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2018). implementasi model pembelajaran inkuiri dan problem based learning terhadap keterampilan generik sains biologi ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 549-555.

Utomo, T. (2012). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII semester gasal SMPN 1 sumbermalang kabupaten situbondo tahun ajaran 2012/2013). Edukasi, 1, 5–9. https://doi.org/10.4271/902340.

Widyastuti, R. T., & Gamaliel, S. A. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

Author Biographies

Nurul Alis Azkia, Universitas Mataram

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

A Wahab Jufri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Nurul Alis Azkia, Dadi Setiadi, A Wahab Jufri, AA Sukarso

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).