Analisis Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8459Published:
2024-07-18Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Literasi membaca, Literasi menulis, SDN 2 Kawo.Articles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan literasi membaca dan menulis siswa kelas 3 SDN 2 Kawo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN 2 Kawo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 orang sedangkan objek penelitian ini yaitu tentang analisis kemampuan literasi dasar siswa kelas 3 SDN 2 Kawo. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes literasi baca tulis dan instrumen wawancara. Teknih analisis yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), Kesimpulan dan Keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan literasi baca peserta didik di kelas III SDN 2 Kawo masih sangat rendah. Kemampuan literasi dasar, yang terdiri dari 4 orang termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 20%, peserta didik yang termasuk ke dalam kategori sedang berjumlah 5 orang dengan presentase 25%, peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 3 orang sebanyak 15% dan termasuk kedalam kategori rendah berjumlah 8 orang sebanyak 40% sedangkan kemampuan literasi tulis peserta didik di kelas III SDN 2 Kawo masih sangat rendah. Kemampuan literasi dasar, yang terdiri dari 4 orang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 20%, peserta didik yang termasuk ke dalam kategori baik berjumlah 5 orang dengan presentase 25%, peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 6 orang sebanyak 30% dan termasuk kedalam kategori rendah berjumlah 5 orang sebanyak 25%.
References
Akbar, A. (2017). Membudayakan literasi dengan program 6M di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42-52. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093
Ardian, R. (2017, December). Gerakan Literasi Sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Banyuasin I (Implementasi Permendikbud No. 23 Tahun 2015). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1383
Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93-103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/696
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hasni, L., Witono, A. H., & Khair, B. N. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Di Kelas IV MI Darul Hikmah Darek. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60-66. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1893
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di sdn sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435-1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774
Kanusta, M. (2021). Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka Pustaka.
Lestari, M. (2022). Analisis kemampuan literasi membaca siswa kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjia, R. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nuranjani, N., Widiada, I. K., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas III SDN 2 Kuta. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 387-393. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.511
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Shalihat, E., Zain, M. I., & Oktaviyanti, I. (2022). Implementasi Program Literasi Dasar pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2390
Srihartati, Y., & Nisa, K. (2023). Hubungan program literasi dasar dengan minat baca siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 168-178. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.3263
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Utami, C. N., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
License
Copyright (c) 2024 Iin Pradita Lestari, Moh Irawan Zain, Heri Hadi Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).