Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Dengan Bantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa

Authors

Salman Farshi , Abdul Kadir Jaelani , Muhammad Erfan

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8460

Published:

2024-07-22

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Kooperatif tipe GI, Media Mind Mapping.

Articles

Downloads

How to Cite

Farshi, S., Jaelani, A. K., & Erfan, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Dengan Bantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8460

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dengan bantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVA  sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) didapatkan data sebesar 0,079 dan 0,200 untuk pretest dan posttets sebesar 0,054 dan 0,200 dapat dikatakan kedua data berdistribusi normal, dan dilanjutkan dengan uji homogenitas pada pretest sebesar 0,826 dan posttest sebesar 0,459 sehingga varian pretest dan posttest kedua sampel dikatakan homogen, selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 3,788 sedangkan ttabel sebesar 2,019 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model Kooperatif Tipe GI dengan bantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024.

License

Copyright (c) 2024 Salman Farshi, Abdul Kadir Jaelani, Muhammad Erfan

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).