Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar

Authors

Pratiwi Lila Cahyani , Ahmad Harjono , Muhammad Erfan , Muhammad Tahir

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8508

Published:

2024-07-28

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Media Diorama, Siklus Air.

Articles

Downloads

How to Cite

Cahyani, P. L., Harjono, A., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 551–559. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8508

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diaroma yang layak, praktis dan efektif. Metode penelitian ialah metode Research and Development dengan model ADDIE yang memiliki lima tahapan digunakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Media ini memiliki kategori yang sangat valid dari hasil penilaian ahli media dengan presisi 96 persen dan hasil penilaian media dengan presisi 92 persen. Selain itu juga, media ini memiliki nilai praktis, dengan presisi 96 persen untuk angket respons guru dan 86 persen untuk angket respons peserta didik tahap 1, dan 88 persen untuk angket respons peserta didik tahap 2 serta 87 persen untuk angket respons peserta didik tahap 3. Hasil perolehan pretest dan posttest peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efektivitas media, naik dari 49,58% menjadi 94,58%. Untuk kategori sangat tuntas, diperoleh presentase ketuntasan belajar sebesar 100%, dan untuk kategori tinggi, diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,892 karena termasuk dalam rentang antara 0,70 dan 1,00. Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa media diorama siklus air yang dikembangkan oleh peneliti ini efektif, valid, dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA materi siklus air.

References

Anggraeni, R., & Istianah, F. (2017). Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Daun Air Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254-433.

Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Persada.

Hidayat, F., & Nizar, M.. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(2), 28-39.

Kiswandari, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Seyegan. UNY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 5(10), 970-975.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187.

Rustandi, A., & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60.

Sarina & Hasanah. (2022). Pengembangan Media Miniature Rumah Adat Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 01(4), 272-288.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan Adaptive Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Sebagai Upaya Mendukung Proses Blended Learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26–37.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; Depdiknas, Ditjen Dikdasmen.

Winataputra, U. S. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Respository.ut.ac.id.

Yanti,Y. E., & Huda, M. (2023). Pengembangan Media Dasi (Diorama Siklus Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD. Jurnal Primed: Primary Education Journal Atau Jurnal Ke-SD An. 3(1), 66-74.

Yusuf, H., & Istiyowati, L. S. (2023). Penelitian R&D dalam Bidang Teknologi Pendidikan (1 ed). Bandung: Indonesia Emas Group.

Author Biographies

Pratiwi Lila Cahyani, Universitas Mataram

Ahmad Harjono, Universitas Mataram

Muhammad Erfan, Universitas Mataram

Muhammad Tahir, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Pratiwi Lila Cahyani, Ahmad Harjono, Muhammad Erfan, Muhammad Tahir

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).