Pengaruh Model Pembelajaran Reading Maping Concept – Think Pair Share (Remap-Tps) Terhadap Kemampuan Bertanya Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8537Published:
2024-08-29Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Kemampuan bertanya, Model Reading Concept Maping Think Pair Share (Remap-TPS), Taksonomi BloomArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading-Concept Map- Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap kemampuan bertanya peserta didik. Model pembelajaran Remap-TPS ini memberikan pembelajaran antara kelompok, mengembangkan tanggung jawab individual dan keterampilan bekerja sama dengan anggota kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Metode quasi eksperimental dengan Nonrandomized Control Group Design yang umumnya memberikan pretest untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan awal antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siwa kelas XI 1, 2, dan 3 SMAN 6 Mataram. Tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling dan random sampling sebagai tehnik pengambilan sampel sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel dengan rincian kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran (Remap-TPS) sedangkan kelas XI 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan bertanya di ukur dengan menggunakan rubrik penilaian kemampuan bertanya yang merujuk pada tingkatan kognitif dalam taksonomi Bloom revisi. Sebelum data dianalisis dengan anacova (analysis of covariance) dengan bantuan aplikasi SPSS 23 for windows, terdapat beberapa uji prasyarat yang harus dilakukan, yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan nilai uji hipotesis sebesar 0.00 atau < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Reading Concept Maping Think Pair Share (Remap-TPS) terhadap kemampuan bertanya Siswa Kelas XI SMAN 6 Mataram.
References
Afghani, D. R. (2021). Kreativitas pembelajaran daring untuk pelajar sekolah menengah dalam pandemi covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2). https://doi.org/10.20961/joive.v3i2.43057 diakses pada tanggal 20 Juni 2024
Amin, S. P., & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer (Vol. 1). Pusat Penerbitan LPPM.
Aminullah, I. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 20-26.DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.397 diakses tanggal 15 Agustus 2024.
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah dari pucuk hingga akar: sebuah refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Arsyad, A. A., Hamzah, H., & Nuraisa, L. (2021). Profil Keterampilan Bertanya Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA SMAN 2 Majene. Phydagogic: Jurnal Fisika dan Pembelajarannya, 3(2). DOI: https://doi.org/10.31605/phy.v3i2.1086 diakses pada tgl 10 Agustus 2023.
Asmah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Ponre Kecamatan Ponre Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3),536-544. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index diakses pada tanggal 20 Juli 2024
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897 diakses pada tanggal 21 Juni 2024.
Dewi, D. J. O., Hidayat, M., & Pathoni, H. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berdiskusi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Pair Check Pada Materi Suhu Dan Kalor Kelas X6 Sma Negeri 8 Kota Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(02), 80-83. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/5985 diakses tanggal 20 Juli 2024.
Djuma, N., Haerullah, A., & Tamalene, M. N. (2022). Pembelajaran Biologi Dengan Integrasi Model Think Pair Share Dan Peta Konsep Bepengaruh Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 179-187. https://doi.org/10.33387/bioedu.v5i2.5184 DOI: diakses pada tanggal 30 Juni 2024
Faizah, U., Subanji, S., & Susiswo, S. (2021). Kemampuan bertanya siswa dalam kegiatan diskusi kelompok pada materi rasio trigonometri. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 9(2), 70-84. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ diakses tanggal 25 Juli 2024.
Kalsum, U., Chastanti, I., & Harahap, D. A. (2022). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(1), 433-441.https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921 diakses pada tanggal 20 Juni 2024.
Kunayah, D., & Fauziah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 228-237. DOI: https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2500 diakses pada tanggal 10 Maret 2024.
Kunayah, D., & Fauziah, H. N. (2023). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Ditinjau dari Efikasi Diri. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 228-237. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2500 diakses tanggal 25 Juni 2024.
Kurniawati, Z. L., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Metakognitif Dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Reading Concept Map-Cooperative Script (REMAP-CS). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 617-621. DOI: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article diakses pada tanggal 20 Maret 2024.
Kusuma, A. S., & Busyairi, A. (2023). The Influence of The Reading Concept Mapping-Student Team Achievement Division (REMAP-STAD) Model on Students' Metacognitive Skills and Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1946-1956. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1927 diakses tanggal 16 Agustus 2024.
Kusuma, A.S.H.M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Desain Dan Analisis Datanya. Yayasan Insan Cendikia Indonesia Raya. Lombok Tengah
Meldina, T. (2019). Implementasi Model Learning Start With A Question Strategi Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 211-219. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5138 diakses tanggal 30 Juli 2024.
Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1).DOI: https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822 diakses pada tanggal 15 Juni 2024.
Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19436 diakses tanggal 30 Juli 2024.
Pratiwi, D. I., Kamilasari, N. W., Nuri, D., & Supeno, S. (2019). Analisis keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPA materi suhu dan kalor dengan model problem based learning di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 269-274. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15236 diakses pada tanggal 2 Juni 2024
Prilanita, Y. N., & Sukirno, S. (2017). Peningkatan sKeterampilan Bertanya Siswa melalui Faktor Pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 244-256. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.11223 diakses pada tanggal 10 November 2024
Putra, A. K., Firman, F., & Syahniar, S. (2019). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling, 1(1). 1 -10. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/mpbjd diakses pada tanggal 20 Juni 2024
Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. Jurnal COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77-85. DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v5i1.9996 diakses pada tanggal 20 November 2023
Sumiartini, N., Ardana, I. M., & Ariawan, I. P. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Reciprocal Teaching (REMAP RT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 73-82. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19891 diakses pada tanggal 2 Juli 2024
Suprapti, S. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT). Journal of Classroom Action Research, 1(1), 1-4.DOI:https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.232 diakses pada tanggal 15 Juni 2024.
Supriatna, I. (2019). Analisis Kemampuan Bertanya Siswa pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 38–47. DOI: http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/madrosatuna/article/view/137 diakses pada tanggal 25 Februari 2024.
Author Biographies
Miftahul aini Aini, universitas mataram
Dadi Setiadi, Universitas Mataram
Anindita S.H.M. Kusuma, Universitas Mataram
AA Sukarso, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Miftahul aini Aini, Dadi Setiadi, Anindita S.H.M. Kusuma, AA Sukarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).