Efektivitas Penggunaan Kahoot dan Ispring Suite Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI Bisnis Ritel

Authors

Febi Apriliani , Amrullah , Ratna Yulis Tyaningsih , Laila Hayati

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8543

Published:

2024-07-25

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Efektivitas, Hasil Belajar, Ispring Suite, Kahoot, Media Evaluasi.

Articles

Downloads

How to Cite

Apriliani, F., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Hayati, L. (2024). Efektivitas Penggunaan Kahoot dan Ispring Suite Sebagai Media Evaluasi Hasil belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas XI Bisnis Ritel . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 537–543. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8543

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan dan kelayakan Kahoot dan Ispring Suite sebagai media evaluasi hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif yang terdiri dari analisis efektivitas dan kelayakan media evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan setelah instrumen dan media yang digunakan melalui uji validitas oleh ahli. Hasil uji validitas media evaluasi memperoleh skor rata-rata 0,87 dengan kategori Sangat Valid dan Validitas angket memperoleh skor rata-rata 0,82 dengan kategori Sangat Valid. Untuk menguji efektivitas media digunakan ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh dari hasil evaluasi peserta didik menggunakan media. Analisis hasil evaluasi peserta didik yang menggunakan Kahoot diperoleh hasil bahwa terdapat 28 peserta didik yang berhasil tuntas dalam evaluasi sehingga mendapatkan ketuntasan klasikal sebesar 90,3% dengan kategori sangat efektif dan yang menggunakan Ispring Suite terdapat 26 peserta didik yang berhasil tuntas dalam evaluasi ehingga mendpatkan ketuntasan klasikal sebesar 83,9% dengan kategori efektif, Untuk menguji kelayakan media yang dihasilkan digunakan angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk kelayakan media Kahoot sebesar 86,38% dengan kategori sangat layak dan media Ispring Suite sebesar 81,32% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kahoot lebih layak dan efektif digunakan sebagai media evaluasi dibandingkan dengan Ispring Suite.

References

Agustomi, Yanti, A. I., & Sepriyanti, E. (2022). Pemanfaatan Media Berbasis Ispring Suite Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa: Literature Review. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 62-68.

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis ispring suite 8. Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli, 8(2), 381–389.

Bahar, H., Setyaningsih, D., Nurmalia, L., & Astriani, L. (2020). Efektivitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 155–162.

Cahyanti, A. D., Farida, & Rosida, R. (2019). Pengambangan Alat Evaluasi Berupa Tes Online/Offline Matematika Dengan Ispring Suite. Indnesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 363–371.

Damayanti, N. A & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplkasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659.

Darmiah. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoo Sebagai Alat Evaluasi Pada Mata Kuliah Baca Tulis Al-Qur'an. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(3), 90-100.

Daryanes, F. & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186.

Fajriyyah, A. A. & Nugrahalia, M. (2021). Efektivitas Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(4), 224-229.

Farman, Anjelina, S., Putri, Q. T., Mardiah, N. A., & Sari, K. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Ispring Suite. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2040–2052.

Firdha, N. & Zulyusri. (2022). Penggunaan Ispring Suite Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Dklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101-106.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181.

Huzaimah, P. Z. & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541.

Insani, S. P., Darmiany, Nurmawanti, I., & Witono, A. H. (2023). Kreativitas Guru di Abad 21 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Matematika Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 66-72.

Longobelen, F. A., Blegur, I. K. S., & Garak, S. S. (2023). Pemanfaatan ispring quizmaker sebagai Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 287–295.

Muhsan, R., Hanim, N., & Zuraidah. (2022). Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Prezi Berbasis Metode Problem Solving pada Materi Perubahan Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(2), 57–65.

Ningsih, S., Ramdani, A., & Hadiprayitno, G. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Berbasis Android Dengan Media Video Pembelajaran. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 462-468.

Rahmat & Irfan, D. (2019). Rancangan Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Di SMK. VOTEKNIKA: Jurnal Vokasi Teknik

Ramadhanti, P. K., & Solikhin, F. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Kogniif Berbasis ISpring Suite9 Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan ilmu Kimia, 7(1), 57–64.

Ramdani, B. W. S., Amrullah, Junaidi, Prayitno, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Software Delphi dan Geogebra. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 139-152.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Rohantizani, Nuraina, & Fonna, M. (2023). Aplikasi Kahoot sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. CATIMORE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–123.

Setiani, R. N. & Firmansyah, D. (2021). Kahoot! Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Dikombinasikan dengan Aplikasi Math:Aritgeo Saat Pandemi COVID-19. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 13–28.

Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 48–62.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13-29.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tyaningsih, R. Y., Hayati, L., Sarjana, K., Sridana, N., & Prayitno, S. (2022). Penerapan metode gamifikasi dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik bidang melalui aplikasi Kahoot. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 317-326.

Ulantina, Y. A., Sridana, N., Lu'luilmaknun, U., & Harry, S. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis Budaya Lokal dalam Materi Himpunan Kelas VII di SMPN 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2302-2307.

Widyawati, C., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Matematika Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Aritmatika Sosial. Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMT, 128–134.

Author Biographies

Febi Apriliani, student

Amrullah, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Febi Apriliani, Amrullah, Ratna Yulis Tyaningsih, Laila Hayati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).