Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Metode Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa

Authors

Yana Roza Dina , Laila Hayati , Ratna Yulis Tyaningsih , Nani Kurniati

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8574

Published:

2024-07-26

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Kategori kemampuan matematis, Kesalahan Siswa, Masalah matematika, Metode Newman.

Articles

Downloads

How to Cite

Dina, Y. R., Hayati, L., Tyaningsih, R. Y., & Kurniati, N. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Metode Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 544–550. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8574

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan metode Newman ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi-1 SMKN 1 Mataram. Teknik pengumpulan data meliputi tes tulis dalam bentuk essay dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif meliputi data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi melakukan kesalahan pada tahap encoding error 50%, comprehension error 40,48%. Siswa dengan kemampuan matematis sedang melakukan kesalahan pada tahap comprehension error 59,09%, encoding error 83,33%. Siswa kemampuan matematis rendah melakukan kesalahan pada tahap reading error 54,17%, comprehension error 76,04%, transformation error 47,91%, process skill error 58,33%, encoding error 88,54% . Penyebab siswa melakukan kesalahan pada reading error ialah kesalahan dalam menangkap informasi yang terdapat pada soal; comprehension error disebabkan siswa lupa menuliskan diketahui dan ditanyakan, tidak terbiasa menuliskan diketahui dan ditanyakan, salah dalam menjabarkan informasi yang terdapat pada soal; transformation error disebabkan siswa ingin cepat menyelesaikan soal yang diberikan; process skill error disebabkan siswa salah memahami informasi dalam tahap reading error; encoding error disebabkan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga tidak menuliskan kesimpulan, siswa melakukan kesalahan dalam proses perhitungan sehingga jawaban akhir salah, tidak menuliskan kesimpulan dari pertanyaan di soal dikarenakan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dalam mengerjakan soal. Diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru tentang kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan  masalah matematika dalam bentuk soal cerita.

References

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233.

Asmaliyah, F., Sripatmi, Salsabila, N. H., & Arjudin. (2023). Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 48–58.

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 8–15.

Iriani, A., Sridana, N., Triutami, T. W., & Azmi, S. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Integral Taktentu dengan Metode Newman Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1072–1084.

Khotimah, H., Amrullah, Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123–130.

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, & Fitriani. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71.

Nikmah, S. N., Haeruddin, & Asyril. (2020). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 91–100.

Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Restuningsih, & Khabibah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Soal Cerita Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Cartesian (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 32–41.

Santoso, D. A., Farid, A., & Ulum, B. (2017). Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure Error Analysis Of Students Working About Word Problem Of Linear Program With NEA Procedure. Journal of Physics: Conference Series, 855(1).

Sari, R. A., & Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. JSD: Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 55–59.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, A., Subarinah, S., Kurniati, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VII SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2022 / 2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 312–322.

Usqo, U., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson ’ s Error Category dan Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 505–518.

Wijaya, L. M. S., Subarinah, S., Amrullah, & Hayati, L. (2023). Analisis Kesalahan Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Statistika Ditinjau dari Jenis Kelamin. 5(3), 1–8.

Author Biographies

Yana Roza Dina, Universitas Mataram

Laila Hayati, Universitas Mataram

Ratna Yulis Tyaningsih, Universitas Mataram

Nani Kurniati, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Yana Roza Dina, Laila Hayati, Ratna Yulis Tyaningsih, Nani Kurniati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).