Pengembangan Media Smart Roll Ball Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas IV Tema 7 Sub Tema 1 Pembelajaran
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8635Published:
2024-08-20Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Media Pembelajaran Tematik, Pembelajaran Tematik, Smart Roll BallArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media tematik Smart Roll Ball untuk pembelajaran tema 7 sub tema 1 pembelajaran 2 pada siswa kelas IV di SDN 1 Sape. Pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan dalam pelaksanaannya, diantaranya: 1) Analisis (Analyze), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Develop), 4) Implementasi (Implement), 5) Evaluasi (Evaluate). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Sape.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan angket respon siswa dan guru serta validasi dari para ahli materi pembelajaran dan validasi angket ahli media. Data yang diperoleh berupada data kualitatif dan kuantitatif yang diolah dan dideskripsikan untuk mengetahui kualitas dari produk yang dikembangkan.Hasil penelitian pengembangan memperoleh presentase validasi materi sebanyak 80% dengan kategori layak, presentase validasi media sebanyak 75% dengan kategori layak, hasil presentase dari respon siswa yaitu 99% sangat efektif untuk diterapkan pada siswa kelas IV SDN 1 Sape, serta hasil presentase dari angket respon guru memperoleh 100% dengan kategori sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran tematik kelas IV di SDN 1 Sape. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Smart Roll Ball layak digunakan sebagai media pembelajaran tematik bagi siswa kela IV di Sekolah Dasar.
References
Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11-19.
Anggraini, I., Hidayati, V. R., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 168-173. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3923
Fatmawati, I. (2021). Peran guru dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20-37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4
Ginanjar, D., Fuad, F., Abduh, M., Mulyana, B. B., Rahman, A. M., & Nuraeni, H. (2024). Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Adaptasi terhadap Perubahan Zaman dan Kebutuhan Masyarakat. Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat, 2(3), 296-306. https://doi.org/10.59581/garuda.v2i3.3980
Gunawan, G., Purwoko, A. A., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran menggunakan learning management systemberbasis moodle pada masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235.
Gunayasa, I. B. K., & Dewi, N. K. (2021). Pengembangan Media Photo Story Pada Pembelajaran Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 152-159. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1718
Hidayah, N. (2017). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34-49. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1280
Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan gadget untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Nuraini, Z., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 279-284. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4007
Nurfadhillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S. W., & Jamirullah, R. F. (2021). pengembangan media pembelajaran berbasis media poster pada materi “perubahan wujud zat benda” kelas V di sdn sarakan Ii tangerang. Nusantara, 3(1), 117-134.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Sukmara, I., Rustono, W. S., & Respati, R. (2017). Pengembangan multimedia adobe captivate sebagai media pembelajaran ips pada materi kenampakan alam dan sosial budaya di indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v4i1.7198
Sulistiyowati, T., & Kristanto, A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898
Utami, C. N., Muhlis., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Utami, D. N., Nasyahrum, A. V., Hanif, M., Anggraini, P. D. C., Azizah, W., & Meilani, I. (2023). Konsepsi Profesi Arsitek Siswa Kelas IV SDN Petojo Selatan 01 Pagi: Studi Analisis Gambar dengan Menggunakan Aplikasi Construct 2. JIPTEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 16(1), 52-61.
Yulianingsih, N., Asrin., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Journal of Classroom Action Research, 4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4.2399
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5).
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
License
Copyright (c) 2024 Sry Rayahana, Heri Hadi Saputra, Muhammad Tahir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).