Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Matematika siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8690Published:
2024-08-30Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Flipped Classroom, Hasil Belajar, LKPD, Sifat bangun geometri, Video PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tanjung tahun ajaran 2023/2024. Materi yang digunakan adalah sifat bangun geometri yang diajarkan pada semester genap dengan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan LKPD dan video pembelajaran sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 58 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan instrumen pretest dan posttest. Adapun data posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil analisis data N-Gain score menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil uji t pada penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung Tahun Ajaran 2023/2024 setelah diberikan pembelajaran Flipped Classroom. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Tanjung tahun ajaran 2023/2024.
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Jusmawati. (2020). Belajar & Pembelajaran (Teori dan Implementasi). Yogyakarta:Penerbit Samudra Biru.
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 21. https://doi. org /10.24127/ ajpm.v8i1.1709
Bahri, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Gowa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 362-369. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v 5i3.7 65.
Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1-12. https://doi. org /10.29303/jm.v1i1.537
Baidowi, B., Sarjana, K., Novitasari, D., & Kurniawan, E. (2023). Analysis of students’ geometric thinking level in blended learning setting. In AIP Conference Proceedings, Mataram, Indonesia: AIP Publishing. https://doi. org /10.1063/5.0122569
Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom Reach Every Student in Every CLass Every Day. Washington DC: International Society for Technology in education.
Bruff, D. (2009). Teaching with Classroom Response Systems: Creating Active Learning Environments. San Frasisco: Jossey-Bass.
Dilla, N. (2023). Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI), 1(2), 135-150. https://doi.org/ 10.35905/jmlipare.v1i2.3651
Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 433-441. https://doi. org /10. 29303/jcar.v6i2. 7823
Falchikov, N. (2001). Learning together: Peer Tutoring in higher education. London: RoutledgeFalmer.
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian : Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.
Hikmah, N., Baidowi, B., & Kurniati, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pijar MIPA, 9(2). https://doi. org /10.29303/jpm.v9i2.50
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:Pustaka Ramadhan.
Ismail, F. (2018). Statistika: untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Istamar, W., & Khumairoh, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar Di Burangkeng Setu Bekasi. Maslahah Journal Of Islamic Studies, 2(1), 11–18. Retrieved from https ://jurnalsains .id/index.php/maslahah/article/ view/55
Jannah, W. M., Sarjana, K., & Prayitno, S. (2023). Pengaruh Kemandirian Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 277-283. https://doi. org /10. 29303/jcar. v5i4.5816
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.
Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.
Mazur, E. (2014). Peer Instruction: A User’s Manual. London: Pearson Education.
Milman, N. B. (2012). Distance Learning The Flipped Classroom Strategy What Is it and How Can it Best be Used? Distance Learning, 3(9), 85–87.
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom : Membuat Peserta Didik Berfikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Jogjakarta: Penerbit Andi.
Pratiwi, G. A. N. R. A., Widiana, I. W., & Werang, B. R. (2023). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Berbasis Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMAN 4 Denpasar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2911–2920. https://doi.org/ 10.62775/ edukasia.v4i2.696
Pratiwi, K. A. M. (2022). Efektivitas Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 73–82. https://doi. org /10.23887/jjpm.v12i2.37320
Rivadeneira, J., & Inga, E. (2023). Interactive Peer Instruction Method Applied to Classroom Environments Considering a Learning Engineering Approach to Innovate the Teaching–Learning Process. Education Sciences, 13(3). https://doi.org/10.3390/educsci13030301
Rusdi, R., Evriyani, D., & Praharsih, D. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Instruction Flip Dan Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 15–19. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-1.3
Sahudra, T. M., Firdaus, C. R., Mutiaramses, & Kenedi, A. K. (2023). Tpack Dalam Strategi Pembelajaran Flipped Classroom. Yogyakarta: Deepublish.
Sappaile, B. I., Sinaga, N. T., Sutarto, S., Dewanto, D., Santosa, T. A., & Yastanti, U. (2024). Effect Size Flipped Classroom Learning in Mathematics Learning. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 645-656. https://doi. org /10.3 1004/innovative. v4i2.9269
Suci, T. I., Hermansyah, H., Jayanti, J., & Theriana, A. (2023). Pengaruh model Pembelajaran flipped classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 128–135. https://doi.org/10.46368/jpd. v11i1. 770
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widianti, D., Kadarisma, G., & Zanthy, L. S. (2024). Pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi trigonometri. JRPI (Jurnal Riset Pendidikan Inovatif), 2(2), 55-60. Retrieved from https:// journal.pustakailmiah.id/index.php/jrpi/article/view/34
Yani, V. P., Azmi, S., & Turmuzi, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 262-268. https://doi. org /10.29303 /jcar.v5iSpecial Issue.4289
Author Biographies
Lalu Ramas Arya, Universitas Mataram
Sudi Prayitno, Universitas Mataram
Tabita Wahyu Triutami, Universitas Mataram
Baidowi, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2024 Lalu Ramas Arya, Sudi Prayitno, Tabita Wahyu Triutami, Baidowi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).