Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD dalam memahami Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Authors

Setiani Novitasari , Dyah Indraswati , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8763

Published:

2024-08-26

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Kesulitan Mahasiswa, Konsep Dasar IPS, PGSD

Articles

Downloads

How to Cite

Novitasari, S., Indraswati, D., & Sobri, M. (2024). Analisis Kesulitan Mahasiswa PGSD dalam memahami Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 608–613. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8763

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Pemahaman mengenai konsep dasar ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan bagian penting dalam pendidikan terutama bagi mahasiswa PGSD. Namun banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar IPS. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab kesulitan  dan memberikan rekomendasi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang dipergunakan yakni kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep dasar IPS yaitu 1). Perbedaan latar belakang pendidikan terkait tingkat pemahaman terhadap konsep dasar IPS dan keterbatasan pengetahuan mengenai IPS, 2). Metode pembelajaran yang kurang bervariatif, 3). Keterbatasan media dan sumber belajar, 4). Ketrampilan berpikir kritis yang masih lemah, 5). Motivasi belajar yang rendah dan minat belajar yang masih kurang. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar IPS antara lain 1).peningkatan kualitas metode pembelajaran, 2).pengembangan ketrampilan berpikir kritis, 3). Peningkatan motivasi dan minat belajar, 4). Pengoptimalan media pembelajaran dan sumber belajar yang berkualitas. Pemahaman konsep dasar IPS bagi mahasiswa PGSD sangat penting dalam mempersiapkan menjadi guru yang kompeten. Sehingga membantu mahasiswa nantinya tidak hanya mengajar IPS dengan lebih baik, tetapi juga membentuk siswa yang memiliki kesadaran sosial dan kemampuan untuk berkontribusi positif dalam masyarakat.

References

Adhani, H., Nurhasanah, N., Tahir, M., & Oktavianty, I. (2022). Gaya Belajar Siswa: Apakah Ada Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa?. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1421

Ahiruddin, H. S. (2023). Analisis Rendahnya Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Teknik Pemecahan Masalah Kreatif. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keagamaan, 58-66.

Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Pembelajaran IPS Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 di SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12911-12917. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10650

Almazroui, K. M. (2022). Project-Based Learning for 21st-Century Skills: An Overview and CasHasie Study of Moral Education in the UAE. The Social Studies, 125-136.

Anisah, A. S., & Maratusholihah, M. (2023). Meningkatkan pemahaman konsep ips melalui penerapan model CORE (connecting, organizing, reflecting, and extending). Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 761-779. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2675

Arikunto. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, N. R., & Safitri, D. (2024). Implementasi Pembelajaran Ips Dalam Membangun Dan Membentuk Karakter Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 61-70. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i10.2646

Iyan, A., Ridwan, A., & Rustini, T. (2022). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 908-917.

Jannah, M., & Ziaulhaq, M. (2024). Kemampuan Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam Pengalaman Belajar IPS. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 104-113. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6983

Lastuti, S., & Anisa. (2022). Dampak Pasca Covid_19 Terhadap Perkuliahan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Taman Siswa Bima. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 111-119. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.2292

Liance Br K., D. Y., Setiawan, E., Astuti, W. S., & Pambudi, D. I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC PADA PEMBELAJARAN IPS LANJUT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 7(2), 65-69. https://doi.org/10.23887/pips.v7i2.3363

Marwanti, E., Wardani, K., & Megawati, I. (2022). Pengembangan modul digital berbasis team learning pada virtual classroom konsep dasar ips sd. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(2), 1383-1391.

Putri, N. Y., Yunita, S., & Rustini, T. (2022). Problematika Pengintegrasian Pembelajaran Tematik IPS dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 990-998. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.684

Rizki, D. A. A., Humaila, A., Chan, F., & Noviyanti, S. (2024). PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD TENTANG KONSEP DASAR IPS MELALUI PENDEKATAN KELOMPOK. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1688

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sormin, S. A., Tembang, Y., Umakaapa, M., & Priyono, C. D. (2023). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Konsep Dasar IPS Bermuatan Karakter Lokal di Jurusan PGSD. Jurnal Basicedu, 7(1), 733-740. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4320

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, N. I., Mardiana, R., Sari, M. M., Rahman, S. A., & Arif, T. A. (2024). Urgensi Mata Kuliah Konsep Dasar IPS terhadap Mahasiswa PGSD Sebagai Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 694-700. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2780

Tembang, S. A. (2023). Bahan Ajar Konsep Dasar IPS. Bandung: Eidina Bhakti Persada.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wanda, K., & Pratiwi, I. (2021). APLIKASI STRATEGI PEMBELAJARAN LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA MAHASISWA PGSD. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 178-185. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1919

Author Biographies

Setiani Novitasari, Universitas Mataram

Dyah Indraswati, Universitas Mataram

Muhammad Sobri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Setiani Novitasari, Dyah Indraswati, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).