Pengembangan Media Crossword Puzzle Bergambar Pada Pembelajaran IPA

Authors

Irman Putra Hakiki , Siti Istiningsih , Muhammad Erfan , Aisa Nikmah Rahmatih

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8767

Published:

2024-08-27

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Crossword Puzzle Bergambar, IPA, Media Pembelajaran

Articles

Downloads

How to Cite

Hakiki, I. P., Istiningsih, S., Erfan, M., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Crossword Puzzle Bergambar Pada Pembelajaran IPA . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 645–650. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8767

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penggunaan media di sekolah dasar saat ini menjadi metode inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam penguasaan materi pembelajaran. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, keterampilan guru, dan penyesuaian tingkat kesulitan masih ada. Untuk memaksimalkan manfaatnya, diperlukan pengembangan pelatihan guru, serta penyesuaian media dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Dengan upaya ini, media dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah dan kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Resesarch and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Assume, Design, Development, Implementation, Evaluation).  Produk yang dikembangkan berupa media crossowrod puzzle bergambar pada pembelajaran IPA kelas IV. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi, ahli media dan respon siswa  Berdasarkan hasil dari validasi ahli media menunjukkan tingkat sangat valid dengan resentase validitas 96%. Serta penilaian ahli materi menunjukkan kriteria valid dengan pesentase 80%. Tahapan kepraktisan dalam penelitian menunjukkan bahwa angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil menununjukkan kriteria sangat praktis mendapatkan presentase 98,6%. Serta uji coba kelompok besar menunjukkan kriteria skor sangat praktis mendapatkan presentase 95,5%.

References

Anggraini, I., Hidayati, V. R., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media GUTOP (Game Ular Tangga Operasi Hitung Pecahan) Materi Pecahan pada Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas V SD. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 168-173. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3923

Avipa, U., Istiningsih, S., Erfan, M., & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas , 5 (4), 359-368. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5649

Drestajumna, P., Istiningsih, S., Harjono, H., & Hakim, M. (2022). Pengembangan media flip chart berbasis model numbered head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 Gugus 2 Labuapi tahun ajaran 2021/2022. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar , 2 (3), 196-202.

Hardiana, B. N., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak pada Materi Bahasa Indonesia Kelas II SDN 7 Sakra. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 210-220. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1097

Irmawanty, I. (2022). Pengaruh media crossword puzzle terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 12-18. https://doi.org/10.51574/hybrid.v1i1.539

Istiningsih, S., Darmiany, D., Astria, FP, & Erfan, M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli di era new normal. Collase (Kreatif Belajar Siswa Pendidikan Dasar) , 4 (6), 911-920. https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116-122. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.432

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116-122. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.432

Kasturi, L. I., Istiningsih, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas V SDN 2 Batujai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 116-122. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.432

Manuarti, N. K. S. A. (2021). Pengembangan Media Puzzle Materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 129-134. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32892

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif dari teori ke praktik.

Nurjanah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas IV Di MI Al Busyro. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31-42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336-348.

Rakhma, I. S. (2016). Pengembangan Magic Crossword Puzzle Sebagai Media Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1). https://doi.org/10.24176/re.v7i1.915

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Ridwan, M., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 1 Sabelia Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan , 8 (1), 184-191. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1095

Rozie, F. (2018). Persepsi guru sekolah dasar tentang penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu pencapaian tujuan pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 99. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Sugiartini, N. N., Mahrus., Kusmiyati., & Khairuddin. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Keanekaragaman Hayati dengan Bantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 34-39. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2938

Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 321-330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

License

Copyright (c) 2024 Irman Putra Hakiki, Siti Istiningsih, Muhammad Erfan, Aisa Nikmah Rahmatih

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).