Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SDN 20 Ampenan
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8820Published:
2024-08-30Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Berpikir Kritis, Media Animasi, Problem Based LearningArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampan yang harus dimiliki peserta didik di abad ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada muatan pelajaran IPA kelas IV di SDN 20 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah semua peserta didik kelas IV A dan IV B yang jumlah keseluruhanya terdiri dari 45 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN 20 Ampenan. Hal ini terlihat dari nilai posttest kelas eksperimen sebesar 74,43 sedangan nilai posttest kelas kontrol sebesar 71,41. Serta pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena (2,145) > (1,682). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penggunaan model problem based learning berbantuan media animasi.
References
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 17–23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Andriani, E, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1). 31-36. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/7409/5142
Busdayu, Z. A., Rahmawati, N., & Setiadi, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Journal of Classroom Action Research,5 (4), 449-453. : https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5537
Diani, I. A., Rahayu, S., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 4(1), 49–62. https://doi.org/10.20414/konstan.v4i1.34
Ejin, S. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keteralampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Jurnal Pendidikan, 1(1), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1) 95-101. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Fitri, D. N., Setiadi, D., Kusuma, A. S., & Merta, I. W. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Computational Thinking Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 531-536. https: // doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8416
Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of green chemistry based interactive multimedia on the students' learning outcomes and scientific literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.
Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Helmon, A. (2018). Pengaruh model problem based learning ( PBL ). Jurnal Inovasi Pnedidikan, 2(1), 38–52. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/download/254/178
Katari, O, A., Asrin., & Ida Ermiana. (2023). Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat Belajar Tematik Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1). 12-18. https://doi.arg/10.29303/jcar.v5i1.2645
Kivunja, C. (2015). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.
Mardliyah, S, Z., Adelia Putri Salsabila & Nur Lutfhi Rizqa Herianingtyas. (2023). Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Learning Community. Junal PGMI, 6(2),103-109. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1747
Nasral & Rio, M. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai,6(1), 672-683. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2963
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48-57. https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/download/6272/4723
Noor Hidayah, S., & Umi Chotimah, E. E. F. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Motivasi Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII Di SMP Negeri 18 Palembang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951-952. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/7882/pdf
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Nurlaeli., Anton Noornia., & Eti Dwi Wiraningsih. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(2), 145-154. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/3086/0
OECD. (2023). PISA 2022Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en
Pramanda, S. J., & Asriyanti, F. D. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5221-5228. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6301
Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaranmodel creative problem solving. Kadikma, 7(1),84-93. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/5471/4104/
Pusparini,S, T., Tonih Feronika., & Evi Sapinatul Bahriah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Riset Pendidikan Kimi, 8(1), 35-42. https://doi.org/10.21009/JRPK.081.04
Rahayu, A., & Fitri, A. (2021). Hakikat perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 36-48. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/2201
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of students' critical thinking skills in terms of gender using science teaching materials based on the 5E learning cycle integrated with local wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956
Sae, Herlin, L & Elvira Hoesein Radia (2023). Media Vidio Animasi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Indonesian Journal of Education and Social Science, 2(2). 65-67. https://ejournal.papanda.org/index.php/ijess
Sari, F, P, H., Idam Ragil W, A,. & Roy, A. (2022). Pengaruh problem based learning berbantuan video animasi terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V SD se-kecamatan laweyan. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(4), 1-6. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v8i4.70966
Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem-Based Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743
Widiasworo, E. (2018). Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
Zaki, A., & Diyan Yusri. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v7i2.618
Author Biographies
Nurul Wahdah, Universitas Mataram
I Ketut Widiada, universitas mataram
Hasnawati Hasnawati, universitas mataram
License
Copyright (c) 2024 Nurul Wahdah, I Ketut Widiada, Hasnawati Hasnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).