Pengembangan Media Video Animasi Sasambo Berorientasi Pada Pemahaman Literasi Budaya Peserta Didik

Authors

Febri Angraini , Asrin , Asri Fauzi , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8822

Published:

2024-08-26

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Media Video Animasi, Literasi Budaya, SASAMBO

Articles

Downloads

How to Cite

Angraini, F., Asrin, Fauzi, A., & Sobri, M. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Sasambo Berorientasi Pada Pemahaman Literasi Budaya Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 629–636. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8822

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi SASAMBO yang berorientasi pada pemahaman literasi budaya peserta didik berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus VI Cakranegara yaitu SDN 18 dan 35 Cakranegara yang berjumlah masing-masing 8 dan 17 siswa dengan menggunakan instrumen lembar validasi ahli media dan materi untuk uji validitas yang dilakukan sebelum tahap uji coba, angket penilaian guru dan peserta didik untuk uji kepraktisan, dan tes pemahaman literasi budaya untuk uji keefektifan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil uji coba dievaluasi hingga menemukan kesimpulan tingkat kelayakan produk. Persentase tingkat kevalidan media pada penelitian ini diperoleh 86% dan persentase tingkat kevalidan materi 97,2%. Kemudian persentase kepraktisan media mencapai 91,79% pada uji coba kelompok kecil dan 93,75% pada uji coba kelompok besar serta 95% berdasarkan penilaian guru. Selanjutnya hasil tes pemahaman literasi budaya dalam uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata nilai 85 dengan persentase ketuntasan 100% dan uji coba kelompok besar 78,17 dengan persentase ketuntasan 76,4%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan media video animasi SASAMBO yang berorientasi pada pemahaman literasi budaya peserta didik terbukti valid, praktis dan efektif.

References

Ain, U. S., Istiningsih, S., Erfan, M., & Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak Untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 351–358. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5651

Anggraini, N. D. (2021). Pengembangan Media Mikaragam (Miniatur Kereta Api Keberagaman Agama) Pada Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Agama Kelas IV SD. Artikel Ilmiah. Universitas Negeri Surabaya.

Anisah, H., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Muatan Pembelajaran Ips Untuk Mengenalkan Budaya Sasambo Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 241-249.

Annisa, L.A., & Ramadan, Z.H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Tema 7 Subtema 3 untuk Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4790-4794.

Asrin, Haryati, L. F., Syazali, M., Wira, L., & Amrullah, Z. (2021). Pelatihan implementasi budaya mutu berbasis kearifan lokal di sdn gugus i pemenang lombok utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5, 488–493.

Auliani, L., Afandi, L. H., & Setiawan, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Pada Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Kelas 5 SDN 20 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1869-1874.

Avipa, U., Istiningsih, S., Erfan, M., & Novitasari, S. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasambo untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 359–368. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5649

Diantina, J., Affandi, H., & Rachmatul Hidayati, V. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbasis Etnomatematika Istana Dalam Loka Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas III SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3781–3789. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8668.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi penyajian data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-66.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N. ., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232-240. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Hani, A., Ermiana, I., & Fauzi, A., (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 433–441. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7823

Hartika, L., Asrin, A., & Hasanah, N. (2022). Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Berbasis Pendekatan Semua Anak Cerdas (SAC) di SDN Gunung Borok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 1001-1010. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.660.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91-100.

Kabari, M. I., Hayati, R. M., Ningsih, S. W., Dafara, Z. D., & Dafit, F. (2023). Pengembangan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Pekanbaru. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 1(2), 73-82. DOI: https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i2.196.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawati, D., Asmah, S. N., & Nizarrahmadi, N. (2022). Gerakan Riang Literasi Budaya dengan Inovasi Video Animasi. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 7(2), 60-67.

Mulyorini, & Hariani, S. (2014). Penggunaan media flashcard dalam model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas V SDN Ngagel Rejo I/396 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02), 1-12.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-3939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3928-3939. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475.

Puspita, I. (2017). Efektivitas penggunaan media video animasi dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas viii-1 di smp negeri 9 tangerang Selatan. Jakarta: Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Tahir, M., Novitasari, S., & Fauzi, A. (2024). Analisis Implementasi Program Sabtu Budaya Di Sekolah Dasar Kota Mataram Terhadap Literasi Budaya Peserta Didik. Journal on Education, 6(2), 15511-15527. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5433

Wulandari, W. T., & Mundilarto, M. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika aktif tipe learning tournament berbasis local wisdom kabupaten Purworejo. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3).

Author Biographies

Febri Angraini, Universitas Mataram

Asrin, Universitas Mataram

Asri Fauzi, Universitas Mataram

Muhammad Sobri, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Febri Angraini, Asrin, Asri Fauzi, Muhammad Sobri

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).