Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Tentang Peristiwa Alam Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa
DOI:
10.29303/jcar.v6i3.8833Published:
2024-08-31Issue:
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024Keywords:
Cerita pendek, Gambar Berseri, MenulisArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran menulis di kelas, khususnya pelajaran menulis cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupayakan adanya peningkatan terhadap aktivitas belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan menggunakan media gambar berseri tentang peristiwa alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan media gambar peristiwa alam. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan model penelitian yang di gunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik Analisis data yang di gunakan yakni Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas dan juga uji homogenitas,lalu dilakukan juga uji Hipotesis terdiri dari Uji Koefesien Determinasi dan juga uji Anova. Hasil penelitian menujukkan bahwa media gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerpen pada Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah, yang di mana dapat dilihat dari nilai uji t yaitu memilki nilai t-hitung sebesar 8,304 dengan derajat bebas (n-1) = 13, > t tabel 2,160, selain itu dapat dilihat juga dari nilai signifikanya 0,000 < alfa 5% maka artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah.
References
Azzahra, H., & Amir, A. (2023). Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 53-62. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.32
Maryanti, E., & Haryadi, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 283-293. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4281
Mulyati, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui Teknik Menulis Puisi Berdasarkan Cerita. Journal on Teacher Education, 3(3), 396-403.
Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasimenggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIII B Mts Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/issue/view/54
Pradita, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX Smp Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 245-256.
Puspitorini, P., & Jamal, A. N. (2019). Penggunaan Media Gambar terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas III A di MIN 4 Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 2(2), 47-59.
Putri, N. L. N. A., Sarjana, K., & Hikmah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan Bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304-311. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5607
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847
Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43. http://dx.doi.org/10.29210/12017295
Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4623
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798
Utami, C. N., Muhlis., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678
Wakhyudi, Y., & Mulasih, M. (2018). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS KOMUNIKATIF: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 118-133. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.308
Wati, G. O. W., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Studi Komparasi Media Pembelajaran Gambar dan Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3364-3372.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/245/211
William & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan power Point Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil. 20(1). https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/650/314
Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu /index.php/pedadidaktika/article/view/25625
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299
License
Copyright (c) 2024 Rima Hidayatul Aeni, Moh. Irawan Zain, Muhammad Sobri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).