Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024
Open Access
Peer Reviewed

Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Tentang Peristiwa Alam Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa

Authors

Rima Hidayatul Aeni , Moh. Irawan Zain , Muhammad Sobri

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8833

Published:

2024-08-31

Downloads

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran menulis di kelas, khususnya pelajaran menulis cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupayakan adanya peningkatan terhadap aktivitas belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan menggunakan media gambar berseri tentang peristiwa alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan media gambar peristiwa alam. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan model penelitian yang di gunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik Analisis data yang di gunakan yakni Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas dan juga uji homogenitas,lalu dilakukan juga uji Hipotesis terdiri dari Uji Koefesien Determinasi dan juga uji Anova. Hasil penelitian menujukkan bahwa media gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerpen pada Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah, yang di mana dapat dilihat dari nilai uji t yaitu memilki nilai  t-hitung sebesar 8,304 dengan derajat bebas (n-1) = 13, > t tabel 2,160, selain itu dapat dilihat juga dari nilai signifikanya 0,000 < alfa 5% maka artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa  ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah.

Keywords:

Cerita pendek, Gambar Berseri, Menulis

References

Azzahra, H., & Amir, A. (2023). Struktur dan Kebahasaan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 53-62. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.32

Maryanti, E., & Haryadi, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Model Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 283-293. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4281

Mulyati, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Kelas VIII 3 MTsN 11 Agam melalui Teknik Menulis Puisi Berdasarkan Cerita. Journal on Teacher Education, 3(3), 396-403.

Ningsih, K. D. (2020). Peningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasimenggunakan Media Pembelajaran Gambar Fenomena Alam Pada Kelas VIII B Mts Negeri I Purworejo Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 1(1). https://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/issue/view/54

Pradita, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX Smp Swasta Budi Utomo Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(3), 245-256.

Puspitorini, P., & Jamal, A. N. (2019). Penggunaan Media Gambar terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS Kelas III A di MIN 4 Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 2(2), 47-59.

Putri, N. L. N. A., Sarjana, K., & Hikmah, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan Bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 304-311. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5607

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Yustiqvar, M. (2023, April). Increasing student science literacy: Learning studies using Android-based media during the Covid-19 pandemic. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122847

Salfera, N. (2017). Meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 32-43. http://dx.doi.org/10.29210/12017295

Sasmitha, L. D., Hadiprayitno, G., Ilhamdi, M. L., & Jufri, A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 292-298. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4623

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798

Utami, C. N., Muhlis., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 405-411. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7678

Wakhyudi, Y., & Mulasih, M. (2018). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS KOMUNIKATIF: Array. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 118-133. https://doi.org/10.58436/jdpgsd.v8i2.308

Wati, G. O. W., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Studi Komparasi Media Pembelajaran Gambar dan Video terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3364-3372.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51-57. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/245/211

William & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan power Point Menggunakan Quasi-Experiment One-Group Pretest-Posttest. Jurnal Sifo Mikroskil. 20(1). https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jsm/article/view/650/314

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 228–234. https://ejournal.upi.edu /index.php/pedadidaktika/article/view/25625

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1299

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Aeni, R. H., Zain, M. I., & Sobri, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Tentang Peristiwa Alam Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 664–670. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8833