Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa kelas VIII MTs Putri NW Narmada

Authors

Rina Nurhadiani , Harry Soeprianto , Syahrul Azmi , Muhammad Turmuzi

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8863

Published:

2024-08-30

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Gaya belajar siswa, Kemampuan pemecahan masalah, Polya

Articles

Downloads

How to Cite

Nurhadiani, R., Soeprianto, H., Azmi, S., & Turmuzi, M. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa kelas VIII MTs Putri NW Narmada. Journal of Classroom Action Research, 6(3). https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8863

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Putri NW Narmada ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan instrumen yang digunakan berupa angket gaya belajar siswa, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika materi sistem persamaan linier dua variabel, dan pedoman wawancara. Hasil pengisian angket gaya belajar dari 46 orang siswa yang mengisi angket dengan rincian 13 orang dengan gaya belajar visual, 18 orang dengan gaya belajar auditorial, 9 orang dengan gaya belajar kinestetik, 3 orang dengan gaya belajar visual-auditorial, dan 3 orang dengan gaya belajar auditorial-kinestetik. Kemudian seluruh siswa kelas VIII B dan kelas VIII C diberikan 2 soal tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika. Subjek yang diambil dari setiap gaya belajar adalah masing-masing 2 orang yang kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih mendalam hasil tes soal yang telah dikerjakan. Berdasarkan hasil penelitian yaitu siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik pada tiap tahap pemecahan masalah. Siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan penguasaan tinggi, siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan penguasaan sedang, dan siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan penguasaan rendah. Siswa gaya belajar visual dan kinestetik mampu melalui semua tahap pemecahan masalah menurut Polya, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial hanya mampu melalui tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian, namun belum mampu melalui tahap membuat rencana penyelesaian dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh.

References

Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Vak dengan Self Assessment Info Artikel. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 148–156. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91–100. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

DePorter, B., & Hernacki, M. (2007). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Bandung: PT Mizan Pustaka

Fikjayanti, M., Sridana, N., Kurniawan, E., & Baidowi, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Polya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Pada Siswa Kelas IX SMPN 6 Mataram TA 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 347–356. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.315

Hadi, I., Subarinah, S., Triutami, T. W., & Hikmah, N. (2022). Griya Journal of Mathematics Education and Application Analisis kesalahan penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya belajar. Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 612. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Halilianti, B. Y., Sripatmi, S., Azmi, S., & Sridana, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Mataram Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 557–566. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.186

Handayani, P. D. (2020). Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tembilahan. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 94–107. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.61

Inastuti, I. G. A. S.,, Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan ditinjau dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4

Muslim, S. S., Prayitno, S., Salsabila, N. H., & Amrullah, A. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di SMPN 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 295–303. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.192

Nilawati, Affandi, L. H., & Husniati. (2023). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Kelas IV Gugus V Kec. Praya Tengah. Journal of Classroom Action Research, 5, 16–23. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3928

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Nuvitasari, T., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Arjudin. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i1.6672

OCED. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). The Influence of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Student Learning Achievement. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296.

Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi, H. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348–358. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.80

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 17–22. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Suciyati, Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202–209. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2824

Syahril, R. F., Saragih, S., Heleni, S., Matematika, P., & Riau, U. (2020). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Barisa. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i1.62

Tanamir, M. D., Afryansih, N., Putri, R. E., Efendi, R., & Ferina, M. (2020). Pengenalan Karakteristik Gaya Belajar Siswa Korong Sijangek Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 78–84. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2019.v1i2.3928

Turmuzi, M., Kurniati, N., & Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10371

Author Biographies

Rina Nurhadiani, Universitas Mataram

Harry Soeprianto, Universitas Mataram

Syahrul Azmi, Universitas Mataram

Muhammad Turmuzi, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Rina Nurhadiani, Harry Soeprianto, Syahrul Azmi, Muhammad Turmuzi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).