Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa

Authors

Fadiah Fahrunnisah , I Nyoman Karma , Dyah Indraswati

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8903

Published:

2024-08-28

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Keterampilan Kolaboratif, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Tipe Team Games Tournament

Articles

Downloads

How to Cite

Fahrunnisah, F., Karma, I. N., & Indraswati, D. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa . Journal of Classroom Action Research, 6(3), 651–658. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8903

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament terhadap keterampilan kolaboratif siswa kelas IV di SD Negeri 1 Labuhan Mapin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Mapin berjumlah 40 siswa dan teknik dalam meetukan kelompok sampel yaitu teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament dan lembar angket untuk mengukur keterampilan kolaboratif siswa. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3% dan termasuk kategori sangat aktif yang berarti keterlaksanaan pembelajaran sudah dilakukan sangat baik. Teknik  analisis  data yang digunakan adalah uji prasyarat (normallitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan uji Independent  Sample  T  Test, uji N-Gain, dan effect  size Cohen’s d. Hasil  analisis diperoleh  skor  rata-rata posttest siswa  kelas  eksperimen  adalah  80,10  dan  kelas  kontrol  69,40. Pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 3,529 sedangkan t tabel = 1,68595 Sehingga t hitung > t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,001 < 0,05 maka (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Hasil uji N-Gain  kelas ekperimen 0,69 dan kelas kontrol 0,38 berada dalam kategori sedang. Hasil uji effect  size Cohen’s d dengan perhitungan d=1,11 yang  berada  pada  kategori  efek  besar. Sehingga model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa kelas IV di SD Negeri 1 Labuhan Mapin.

References

Aszari, E., Nuvitalia, D., dan Artharina, F. P. (2024). Efektifitas Model Pembelajaran Coopertative Tipe Team Games Tournament (Tgt) Kelas Iv Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Terhadap Hasil Belajar Ipas Dan Keterampilan Kolaborasi Di Sd N 3 Ngambakrejo. Jurnal Wawasan Pendidikan, 4(1), 32-42.

Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., dan Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137–142. https://doi.org/10.53696/27214834.66

Anisa, F. N., Turmuzi, M., dan Triutami, T. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 51-59. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.6719

Azizah, S. N., dan Diana, R. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Bustanul’Ulum. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 121–129. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/50075

Faturrahman, L. Y., Ermiana, I., dan Khair, B. N. (2021). Pengembangan Media Kokami Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Progres Pendidikan, 2(1), 55–63. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.123

Halimah, . M., dan Widi Wardani, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sd N Gendongan 03 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt ). Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 46–52. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17319

Hamdani, M. S., . M., danWardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 440. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778

Mansur, N. R., Ratnasari, J., danRamdhan, B. (2022). Model STEAM terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas peserta didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 183–196. https://doi.org/10.22437/bio.v8i4.19123

Setiawan, Z., Lastya, H. A., dan Sadrina, S. (2021). Penerapan Tgt (Team Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik Smkn 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 131–137. https://doi.org/10.21831/jee.v5i2.41437

Sidi, P. (2020). Discoblog Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Siswa Kelas X Akl 2 Smk N 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 70–82. https://doi.org/10.23917/jpis.v30i2.11011

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202-5210. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1136

Sulistyaningrum, H., Winata, A., dan Cacik, S. (2019). 21st Century Skills Initial Skills Analysis of Elementary Teacher Candidate Students. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., dan Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260

Suprapti. (2019). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa dengan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT). Journal Of Classroom Action Research, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i1.232

Tekad, T., dan Pebriana, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team-Based Project terhadap Keterampilan Komunikasi dan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v7i2.5445

Teladaningsih, O., Mawardi, M., dan Huliana, I. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik Kelas 4 Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1530

Yanti, Y. E., dan Yhasmin, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tgt (Team Game Tournament) Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 62-68.

Author Biographies

Fadiah Fahrunnisah, Universitas Mataram

I Nyoman Karma, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 fadiah fahrunnisah, I Nyoman Karma, Dyah Indraswati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).