Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMAN di Kabupaten Bima

Authors

Umul Tahira , Jamaluddin , M. Yamin

DOI:

10.29303/jcar.v6i3.8924

Published:

2024-08-29

Issue:

Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keywords:

Auditorial, Gaya Belajar , Hasil Belajar, Kinestetik, Visual

Articles

Downloads

How to Cite

Tahira, U., Jamaluddin, & M. Yamin. (2024). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMAN di Kabupaten Bima. Journal of Classroom Action Research, 6(3), 664–672. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i3.8924

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Gaya belajar ialah cara individu menggunakan kemampuannya untuk belajar yang berkaitan dengan kegemaran individu untuk berfikir, memproses informasi dan mendemonstrasikan belajar terdiri dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jika semakin baik peserta didik memahami gaya belajar masing-masing maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik SMAN di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga di peroleh sampel berjumlah 160 responden terdiri dari 53 peserta didik dari SMAN 1 Belo, 48 peserta didik dari SMAN 1 Palibelo, dan  59 peserta didik dari SMAN 1 Monta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terbagi menjadi dua yaitu angket gaya belajar dan tes hasil belajar pada materi sel. Analisis uji korelasi product moment pearson menggunakan SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan gaya belajar tertinggi di SMAN Kabupaten Bima yaitu tipe auditorial sebanyak 67 peserta didik dengan persentase 42%, sedangkan yang terendah yaitu tipe visual sebanyak 29 peserta didik dengan persentase 18%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif sedang antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik SMAN di Kabupaten Bima sebesar 0,475 (0,475 > 0,155).

References

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Purbangkara, T., & Abikusna, A. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ain, Yuni., Muhammad, Maki., & Asri, Fauzi. (2023). Identifikasi Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Pada Siswa Kelas Tinggi. Journal of Classroom Action Research. Vol 5. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3894

Al Fasha, C., Sarjana, K., & Sridana, N. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 417-424. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.6025

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek, 8(1), 77-84.

Chusni, Muhammad., Bintang, Sariyanto., Rukiah, Lubis., Tri, Suwarno., & Kadek, Devi. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka.

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 175.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di ruang-ruang Kelas. Kaifa.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian Teoritik.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118-125. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.5018

Hakim, A. R., Ramdani, A., Setiadi, D., & Yustiqvar, M. (2023, April). Guided inquiry-based biology learning tools to improve students’ creative thinking ability. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2619, No. 1). AIP Publishing. https://doi.org/10.1063/5.0122849

Hudhori, M. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Teks Biografi. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 277-283. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.3557

Kuntjojo. (2021). Psikologi Pendidikan. Bogor: GUEPEDIA.

Kusumaningrum, E. (2021). Menulis Kreatif Dongeng Sesuai Gaya Belajar Anak. Bantul: Jejak Pustaka.

Matara, K. (2013). Psikologi Pendidikan. Buku-Buku Karya Dosen IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2(1).

Moh, S. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 7.

Pietono, Y. D. (2021). Anakku Bisa Brilliant: Sukses Belajar Menuju Brilliant. Bumi Aksara.

Setiawan, H. R., & Bahtiar, A. (2023). Monograf: Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik). Umsu Press.

Setyaputri, N. Y. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar (Teori dan Aplikasinya) Edisi 1.

Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik pada Mata Pelajaran Biologi MAN 1 Garut. Gunahumas, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28385

Sumarah, I. E., Kencana, C. G., Yudono, K. D. A., Waninghiyu, C., & Dewi, A. M. K. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark: Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Sanata Dharma University Press.

Wulandari, R. (2011). Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Study D IV Kebidanan Universitas Sebelas Maret. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. 2(1).

Author Biographies

Umul Tahira, University of Mataram

Jamaluddin, Universitas Mataram

M. Yamin, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2024 Umul Tahira, Jamaluddin, M. Yamin

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).